Minggu, 22 September 2013

Toyota New Yaris TRD Sportivo - Makin Terasa Agresif

Pembaruan yang dilakukan oleh Toyota Astra Motor untuk line up Toyota Yaris bisa dibilang cukup menggoda. Tampilan fresh dengan nuansa berbeda menjadi salah satu yang ditonjolkan pada Yaris TRD facelift kali ini.



Beberapa desain baru yang diadaptasi oleh Toyota New Yaris TRD facelift terakhir ini terlihat mengugah tampilannya jauh menjadi lebih agresif meningalkan kesan imutnya. Meski sedikit terlambat membahasnya terkait waktu peminjaman yang katanya padat, tapi rasanya tak salah untuk sedikit membedah apa saja yang baru dari New Toyota Yaris TRD facelift.

Desain



Secara desain keseluruhan memang tak ada yang beda dengan Yaris TRD sebelumnya, namun adanya bumper model baru yang mengesankan gaya aerodinamis terbukti mendongkrak tampilannya menjadi lebih sporty.



Buritan depan terlihat lebih padat, aplikasi motif honey comb di grill dan air dam di bumper memperkuat nuansa agresifnya. Belum lagi ditambah dengan racikan desain foglamp cover garnish yang sedikti kedalam dengan list besar  tanpa menghambat masuknya udara ke mesin yang berfungsi sebagai pendingin tambahan jelas memberikan tampilan aerodinamis yang cukup baik. Sekedar info, desain aparel TRD yang menempel pada New Yaris Facelift mengadopsi dari model 'pesawat tempur' hasil karya tangan lokal alias made in Indonesia.



Sideskirt samping tak hanya berguna sebagai tambahan aparel TRD Sportivo saja, namun berguna untuk menekan aliran angin ketika melaju sehingga mobil dapat dengan optimal ketika berlari. Sama dengan bagian depan, sektor belakang juga mendapat permakan baru, selain desain yang terlihat membulat adanya model stop lamp LED yang didesain dinamis dengan model bumper makin membuat bokong belakang Yaris TRD ini kian padat.



Sebagai tambahan Toyota juga menambahkan list dengan aksen carbon dibagian garnis pintu bagasi, selain itu moncong knalpot alias ujung muffler juga sedikit diperbesar agar terlihat gagah dan bertenaga yang ditunjang lagi dengan tampilan pelek TRD berdimensi 15"  dengan model paduan titanium hitam.



Bagian interior memang tak ubahnya dengan Yaris lama, namun dominasi permainan warna merah sangat kental terasa ketika membuka pintu. Mulai dari bagian tengah jok sampai dengan doortrim semuanya di selubung dengan nuansa aksen merah yang mengenatalkan kesan sportynya.




Kemudi dengan model sport terbalut kulit lengkap dengan audio control di bagian gagangnya memberikan efek ergonomis bagi pengendarannya. Sisi visibilitas bagian depan juga cukup baik dengan kesan lapang. Sedangkan untuk semua indikator layakanya, RPM, speedometer dan lain sebagainya berada di bagian tengah, sedikit jangal bila biasa mengendarai kendaraan yang memiliki desian konvensional.

Performa

















Bicara soal performa tentu berhubungan erat dengan masalah teknis, untuk facelift nya ini New Yaris TRD tak membawa perbedaan yang berarti dalam masalah performa. Mesin masih mengusung 1 NZ-FE, 4 silinder VVT-i berkapasitas 1.497cc yang dikolaborasikan dengan transmisi otomatis 4 A/T Super ECT dan diklaim memiliki out put power 109 pada 6000 RPM.

Ketika menjajal performanya di jalur bebas hambatan, tenaga bawah dan akselerasinya terasa padat. Menuju kecepatan di atas kecepatan 110 km/jam masih terasa 'enteng' untuk Yaris di luar dari tingkat kestabilanya yang cukup mendukung. Hal ini mungkin disokong dengan desain bodikitnya yang lebih aerodinamis serta tailpipe yang besar sehingga memberikan out put yang lebih optimal. Namun ketika pedal gas ditekan lebih dalam untuk lebih memacunya lagi alias 'kick down' mesin langsung sedikit mengerung. Overall sensasi performa yang ditawarkan bisa dinilai cukup untuk seukuran hatchabck di tanah air.



Mengenai handling, New Yaris TRD Facelift pantas untuk diacungi jempol. Tangkas dan gesit ketika meliuk menyalip beberapa kendaraan di ruas jalan Tol dengan kecepatan diatas 100 km/jam.



Bermanuver disebuah tikungan, Yaris mampu memberikan handling pengedalian yang baik, kaki-kaki yang empuk juga cukup rigid dengan dukungan suspensi depan MacPherson strut with coil spring dan Torsion beam with coil spring dibagian belakang terbukti mampu mendukung pengendalian, juga memberikan sensasi fun to drive yang cukup baik.


Comfort



Selain telah dibuktikan dengan sisi handling yang baik, kenyamanan lain yang ditawarkan datang dari segi kelapangan interiornya. Hal ini dilihat dari ruas ruang leg room yang terbilang cukup lega mulai dari baris pertama hingga kedua. Begitu juga dengan posisi berkedara yang proposinal dan sisi ergonomis melalui tatanan panel-panel fungsi serta audio control di gagang kemudi.



Kenyamanan lain juga didapat dari banyaknya console penyimpanan pada dashboard, mulai dari bagain pengendara yang berada tepat di belakang kemudi serta di bawah stier, serta di bagian penumpang samping yang tersusun bertingkat atas-bawah. Mirisnya ruang bagasi belakang agak sedikit sempit, hanya dapat menampung beberapa barang bawaan saja.


Fitur

Soal entertaiment alias perangkat hiburan, Yaris didukung dengan 2 DIN Audio + 1 CD In-Dash, MP3, WMA lengkap dengan konektivitas AUX-in serta 6 speaker, sayangnya tidak sekaligus dilengkapi dengan konektivitas USB.



Sedangkan fitur lainya seperti smart entry Start / Stop System, perangkat safety layaknya Dual SRS Airbag, dan rem ABS dengan EBD dan BA tetap menjadi perangkat standar bawaanya.

Price

Meski merupakan varian facelift yang ditawarkan oleh TAM, namun pembaruan yang dilakukan memang terbilang cukup menarik. Performa dan hadling yang tawarkanya pun cukup baik dan cocok untuk tekstur perkotaan. Mengenai harga, pihak TAM membandrol New Yaris TRD Facelift dengan harga Rp 227,95 Juta.



Bagaimana ... Tertarik.?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar