Minggu, 13 Oktober 2013

Adu Fitur Keamanan Mobil Rp. 1,4 M VS Mobil Rp. 179 Juta

Jakarta, BosMobil.com - Jika melihat BMW X5 yang cenderung utuh, rasanya tidak percaya kalau Mobil ini baru mengalami kecelakaan yang menewaskan 2 orang. Namun jika melihat penyoknya Daihatsu Luxio, mungkin orang baru bisa maklum. Lantas, apa saja fitur keselamatan yang ada di BMW X5 milik putra Menko Perekonomian, Muhammad Rasyid Amrullah Rajasa dan Daihatsu Luxio?

BMW X5 - Daihatsu Luxio

BMW X5 berplat nomor B 272 HR ini memiliki segambreng fitur keselataman. Sebut saja yang paling umum, airbag. Saat melihat kondisi kabin Mobil, airbag masing terlihat di dashboard. Ini menunjukkan bahwa fitur ini bekerja dengan baik.

BMW X5 - Daihatsu Luxio

Selain itu, BMW X5 juga memiliki segambreng fitur keselamatan seperti Dynamic Stability Control (DSC), Dynamic Traction Control (DTC), Dynamic Brake Control. Namun, utuhnya Mobil ini diperkirakan karena BMW X5 memiliki sasis yang diyakini cukup rigid dan mampu membuatnya lebih kokoh meski menyeruduk Mobil lain dengan kecepatan yang cukup tinggi.

BMW X5 - Daihatsu Luxio

Meski memiliki keamanan yang cukup baik, namun BMW X5 bukan berarti tanpa masalah. Mobil yang seharga Rp.  1,4 M ini rupanya telah ditarik oleh BMW di Amerika Serikat karena mengalami kerusakan pada power steeringnya yang dapat menimbulkan kecelakaan. Penarikan dilakukan untuk Mobil lansiran tahun 2009-2012 (Mobil Rasyid keluaran tahun 2009).

Sedangkan Daihatsu Luxio yang hanya dihargai Rp. 179 juta untuk varian tertingginya pun tidak berbeda jauh. Dari depan, Mobil berplat nomor F 1622 CY ini terbilang masih utuh. Namun dari belakang, kondisinya memang ringsek. Wajar, karena Mobil ini sudah ‘dicium’ Mobil yang memiliki spesifikasi jauh di atasnya dengan kecepatan lebih dari 100 km/jam.

BMW X5 - Daihatsu Luxio

Daihatsu Luxio memiliki kemewahan di atas saudaranya, Gran Max. Namun mengenai keamanan, Daihatsu hanya membekalinya dengan sabuk pengaman. Sedangkan untuk varian tertingginya, Mobil ini dilengkapi sistem ABS. Namun yang mengherankan adalah, bagaimana mungkin pintu sliding door Daihatsu Luxio bisa terbuka sehingga penumpang terlempar keluar saat terjadi ‘ciuman’?

BMW X5 - Daihatsu Luxio

Memang tidak bisa membandingkan 2 Mobil ini, dari harga pun sudah tidak sebanding. Namun, nyawa tetap lebih mahal dibanding apapun. Semoga kedepannya lebih mementingkan faktor keselamatan, karena kecelakaan bisa terjadi kapan saja, dimana saja, dan dialami siapa saja.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar