Senin, 21 Oktober 2013

Adu Gesit Brio, Sirion dan Picanto ! Siapa Paling Tangkas ??

BosMobil.com - Bicara soal performa city car, memang tidak bisa mengharapkan output tenaga berlebih. Konsentrasinya justru ada pada tenaga di putaran mesin bawah demi menunjang akselerasi stop and go.

Kondisi ini penting guna membuat city car lebih gesit membelah perkotaan. Nah bagaimana dengan performa Honda Brio, Daihatsu All New Sirion, dan KIA All New Picanto? Simak hasil rangkuman tes kami.

Honda Brio


Menggunakan mesin 1.3-liter SOHC i-VTEC, di atas kertas Honda Brio memang punya power paling tinggi yakni 100 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 12,3 kg.m di 4.000 rpm. Honda Brio juga menggunakan transmisi 5-speed otomatis. Dibanding dua kompetitornya, jelas sistem percepatan ini yang paling tinggi.



Data tersebut ternyata mampu dibuktikan Honda. Putaran bawahanya cukup responsif, bahkan saat digeber habis dari titik 0 sampai dengan 100 cukup mudah diraih oleh. Kurang puas, Anda bisa pindahkan tuas transmisi pada posisi S, dan rasakan sendiri respon tenaga yang makin responsif.



Kekaguman lain datang dari segi handling dan kelincahannya. Enteng dan fun to drive itulah sensasi yang ditimbulkan ketika melewati jalur kemacetan. Honda juga mampu membuktikan handling Brio cukup smooth untuk dikendarai, radius putar minimum yang hanya 4,5m ternyata cukup membuat Honda Brio sangat lincah, bahkan kaki-kaki yang telah dilengkapi oleh suspensi McPherson Strut dan H-Shape Torsion Beam di bagian belakang juga tetap membuat si baby Jazz ini tetap stabil.

Daihatsu All New Sirion


Meski sama-sama berbekal mesin 1.298 cc, namun jantung tenaga bersistem 4 silinder DOHC 4-speed otomatic milik Daihatsu All New Sirion cuma bisa menelurkan daya 60 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 11,9 kg.m di 4.400 rpm. Tapi bagaimana dengan kelincahan dan handlingnya?



Ketika diajak menelusuri jalan-jalan padat di Ibukota, Daihatsu All New Sirion masih cukup mumpuni. Selap-selip diantara kendaraan lain pun masih oke. Tapi keadaan ini sedikit beda jika mobil dibawa agresif. Tenaga yang keluar dari balik bonet seakan tertahan dan kurang responsif, putaran atas juga kurang bertenaga.



Untuk masalah handling kaki-kaki model Mac Pherson Struts dengan per keong di depan dan Torsion Beam dengan Per keong masih oke saat dibawah kecepatan 100km/jam, tapi lebih dari itu mobil limbung. Daihatsu All New Sirion sepertinya lebih cocok dibawa jalan santai untuk hangout ke cafe-cafe atau para ibu muda berbelanja di mall-mall ternama.

KIA All New Picanto


KIA membawa perubahan cukup signifikan pada mesin All New Picanto. Kini city car Korea itu punya mesin Kappa 1.248 cc DOHC Dual CVVT yang mampu mengeluarkan daya 87 PS pada putaran mesin 6.000 rpm serta torsi maksimum 12.3 kg.m di putaran 4.000 rpm. Selain itu KIA All New Picanto juga menerapkan teknologi timing chain. Menarik? Jelas! Tapi bagaimana performanya?



Menguji di tengah keramaian jalan raya kota Jakarta saat pulang kantor beberapa waktu lalu, tenaga dan torsi terasa cukup untuk membawa KIA All New Picanto bergerak lincah meskipun agak susah untuk mencapai top speed.



Suspensi MacPherson Strut with Stabilizer & Dual Tube Gas Shock Absorber untuk bagian depan yang lebih lembut bantingannya dari varian sebelumnya. Sedangkan untuk belakang menggunakan suspensi Torsion Beam with Gas Shock Absorber yang juga lebih lembut dari varian sebelumnya. Dengan kombinasi suspensi depan dan belakang, All New Picanto semakin nyaman dan stabil saat dikendarai. Tapi kami kurang suka ketika KIA All New Picanto daiajk bermanuver ekstrim. Lincahnya tidak seperti Picanto terdahulu, meski dari sisi kenyamanan jauh meningkat dibanding KIA PIcanto generasi sebelumnya.

Kesimpulan :


Dengan power paling besar, ternyata dibuktikan Honda Brio sebagai yang paling responsif diantara ketiganya. Handlingnya juga terbilang baik. Namun urusan kenyamanan kaki-kaki, kami memilih KIA All New Picanto. Untuk Diahatsu All New Sirion, mobil ini paling pas dibawa JJS alias Jalan-Jalan Santai, ke mall, atau kampus.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar