Senin, 21 Oktober 2013

Adu Kenyamanan : Honda Brio - Daihatsu All New Sirion - Kia All New Picanto

BosMobil.com - Meski kecil tapi city car harus tetap menjunjung tinggi unsur kenyamanan guna pemakaian sehari-hari. Walau tentu tak setara sedan, tapi kenyamanan sebuah city car layak jadi perhatian sebelum memboyongnya ke garasi rumah Anda.

Honda Brio

Berada dikabin Honda Brio baik saat ada dibalik lingkar kemudi maupun ketika jadi penumpang depan tidak terlalu jauh rasanya dibanding Honda Jazz. Dari segi posisi berkendara dan ruas kaki di bagian depan, Brio memang dapat mengakomodirnya dengan baik, tapi sangat kurang untuk dibaris kedua dengan kondisi penumpang dewasa yang memiliki tinggi rata-rata sekitar 165-170 cm. Karena penumpang pasti akan sedikit pegal untuk menekuk kakinya, terlebih ketika menempuh perjalanan jauh atau terlalu lama di dalam kabin.



Unsur visibilitas yang diterapkan Honda Brio juga cukup diacungi jempol. Pengemudi dan juga penumpang depan akan sangat mendapat pandangan yang jelas ketika mengendarai Brio dengan desain pilar yang ramping dan jendela yang cukup lebar.



Pada bagian depan Honda Brio memiliki ruang penyimpanan dibagian dashboard, serta cup holder pada center console serta doortrim. Sementara dibagian belakang, tempat penyimpanan barang cuma ada di belakang jok penumpang depan. Ruang bagasi Honda Brio juga tidak terlalu lebar. Sebuah koper besar harus diletakkan berdiri tegak untuk bisa masuk ke ruang bagasi. Tetapi jok belakang bisa ditekuk sehingga ruang bagasi kapasitasnya bertambah.



Daihatsu All New Sirion

Seperti yang sebelumnya kami utarakan, Daihatsu All New Sirion memang layak dipakai jalan-jalan santai di perkotaan. Kabin yang cukup lega pada jok baris depan dan belakang tentu mampu menciptakan kenyamanan lebih baik untuk seluruh penumpang.



Kabin yang nyaman untuk pengemudi maupun penumpang bukan berarti mengorbankan barang bawaan, karena mobil compact Daihatsu ini menyediakan konsul penyimpanan cukup banyak. Selain dibagian dashboard, center console, serta door trim, juga ada rak unik tersembunyi dibawah jok penumpang depan dan belakang yang dapat ditarik. Bagasinya juga terbilang luas, apalagi jok belakang dapat dilipat sejajar dengan bagasi untuk menciptakan ruang yang lebih luas lagi.



KIA All New Picanto

Mobil asal negeri K-Pop ini memiliki dimensi yang lebih panjang 60 mm dari varian sebelumnya dengan wheelbase lebih panjang 15 mm. Hal ini mengakibatkan lebih luasnya ruang untuk pengemudi maupun penumpang bagian depan dan belakang.



Desain kursi terbaru dengan active headrest untuk kursi depan dan helmet type headrest untuk kursi belakang dipadukan dengan warna Ebony Black dan Grey Alpine yang sesuai dengan warna dasbor dan trim. Meskipun bahan yang digunakan masih kurang nyaman terkena kulit, tapi leegroom lebar yang diciptakan KIA All New Picanto tentu membuat asyik perjalanan bersama city car ini.



Untuk memperbanyak barang bawaan, bangku belakang All New Picanto bisa dilipat agar mendapatkan bagasi lebih luas. Meskipun kalau hal itu tidak dilakukan bagasi cukup guna menampung beberapa tas besar.



Kesimpulan:

Daihatsu All New Sirion dan KIA All New Picanto punya kenyamanan kabin yang hampir serupa. Kaki-kakinya yang lembut serta legroom lapang membuat keduanya pilihan pas untuk penggunaan sehari-hari di kota-kota besar dengan tingkat kepadatan jalan raya yang cukup parah. Sayangnya hal itu kurang ada di Honda Brio, ketika jadi pengendara, Honda Brio memang perlu jadi bahan pertimbangan, tapi kalau Anda menjadi penumpang, pikir dua kali. Anda tak mau lutut tertekuk selama berjam-jam saat terjebak kemacetan di kota besar bukan...!


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar