Senin, 21 Oktober 2013

Auman Macan Korea - Kia All New Sportage

BosMobil.com - Macan dari Korea. Julukan ini kerap dilekatkan pada Kia All New Sportage. Dibanding generasi pendahulunya, compact crossover ini memang menawarkan banyak perubahan baru. Berikut review ekslusif tim BosMobil beberapa waktu lalu.


Desain

Sportage memang bukan barang baru bagi PT Kia Mobil Indonesia (KMI). Namun tepat pada Mei 2011 silam, Agen Pemegang Merek (APM) mobil Kia di Tanah Air itu memperkenalkan All New Sportage. Ubahannya bukan cuma tampilan luar tapi juga sisi interior.




Pada bagian eksterior, All New Sportage punya "hidung macan" yang kini jadi ciri khas Kia. Desain grill baru ini dipadu bentuk bumper depan serta headlamp yang juga anyar. Bentuknya makin dinamis dan stylish tapi tak menghilangkan menonjolkan sisi gahar dari sebuah SUV. Jauh meninggalkan tarikan garis desain Kia sportage generasi pendahulunya.



Sajian bentuk yang dinamis juga terus berlanjut hingga kebagian kiri dan kanan serta tampilan belakang. Rearlamp dibuat asimetris dengan aksen membulat di beberapa bagian. Kombinasinya tetap merah dan putih tapi lebih didominasi warna merah. Uniknya lampu sein belakang bukan menyatu dengan stoplamp, tapi letaknya ada dibagian atas rear bumper. Desainnya simple cukup berupa garis tebal horizontal, tapi pancaran cahayanya lebih dari cukup untuk mendapat perhatian pengendara lain di belakang.



Desain yang benar-benar baru juga bisa ditemui tatkala masuk ke dalam kabin Kia All New Sportage. Bentuk dashboard, panel instrument, tuas transmisi, jok penumpang depan, hingga ornamen-ornamen pada doortrim berubah 100% dibanding Sportage lawas. Tampilannya begitu modern dan kental aura mobil-mobil Eropa.



"Rasa" Korea masih terasa dari pemilihan material pada interior. Jok dan plafon yang menggunakan bahan fabric serta masih banyaknya material plastik di dahsboard, kualitas kabin All New Sportage tak jauh berbeda dibanding Kia All New Picanto atau bahkan Kia Pride. Tapi inilah ciri khas Kia yang memang jadi pembeda dibanding mobil merek lain.

Performance

Sebagai mobil yang lahir memiliki gen SUV, Kia All New Sportage memang harus punya mesin tangguh yang tersimpan di balik bonet. Untuk itu Kia membekalinya dengan jantung tenaga berkapasitas 1.998 cc dengan teknologi dual CCVT. Mesin gress ini diklaim bisa menyemburkan tenaga hingga 166 PS pada 6.200 rpm dengan torsi 20.1 kg.m di 4.600 rpm.
Guna membuktikan catatan resmi dari KMI tersebut, tim BosMobil sempat mejajal ketangguhan All New Sportage bertransmisi automatic (A/T) berkelir Mineral Silver ini. Melewati rute dengan trek jalan perkotaan, jalan bebas hambatan, jalan berkelok, menanjak dan turunan terjal, benar-benar membuktikan jika kemampuan All New Sportage tidak bisa diremehkan.

Saat tuas transmisi digeser ke posisi "D", pergeseran antar gigi berlangsung halus, tidak menyentak, bahkan menurut kami mirip karakter transmisi matik pada mobil jenis sedan. Tapi sayangnya pada kondisi ini, torsi mesin diputaran rendah tidak responsif. Ketika RPM sudah menyentuh 3.500 ke atas barulah auman sang macan makin nyaring dan mobil berdimensi 4.445mm x 1.855mm x 1.635mm ini langsung melesat.



Kondisi yang cukup jauh berbeda terasa sekali takala tuas trasnmisi diposisikan ke shiftronic. Dengan bertahan di gigi "3" dan tekan pedal gas secara lembut, All New Sportage merangkak gesit menuju ketinggian ratusan meter didaerah pegunungan. All New Sportage juga dibekali sisitem smart shiftronic sehingga ketika mobil di rem hingga berhenti atau turunan tajam, maka posisi gear otomatis turun ke gigi yang lebih rendah hingga keposisi "1".

Shiftronic juga sanggup meladeni trek jalan lurus. Posisi gigi "4" dan "5" punya nafas yang sangat panjang. Gigi "4" kecepatan mobil bisa tembus hingga 120 km/jam, sementara gigi "5" bisa hingga 140 km/jam. Sudah cukup kencang? Belum! Karena meski sedarah dengan Hyundai New Tucson, All New Sportage punya transmisi 6-speed. Tapi karena kondisi lalu lintas yang tidak memungkinkan, posisi gigi di "6" tidak bisa kami eksplorasi lebih jauh sampaimana batas kemampuannya.
Tapi saran kami, jangan terlalu asyik menginjak pedal gas All New Sportage terlalu lama, sebab lingkar kemudinya bergetar tatkala kecepatan mobil sudah lebih dari 120 km/jam. Meski demikian, suspensi jenis Mc Pherson with Coil Spring & Gas Shock Absorber di depan dan Multylink with Gas Shock Absorber pada bagian belakang membuat SUV Korea ini begitu lembut. Melewati jalan berlubang dan kerikil, guncangan di kabin minim bahkan mobil masih cukup nyaman sewaktu kami sedikit bermain tanah merah.



Bicara konsumsi bahan bakar pun Kia All New Sportage cukup mencengangkan. Bagaimana tidak, menempuh perjalanan ratusan kilometer dengan trek bervariasi mulai dari perkotaan dengan lalu lintas yang padat, jalan bebas hambatan alias tol dengan kondisi mesin mayoritas ada di putaran tinggi, trek berkelok, menanjak, serta turunan tajam, Kia All New Sportage mencatat rata-rata konsumsi bahan bakar 12,2 km/jam. Tapi hati-hati saat mengisi BBM kendaraan ini. Jangan sampai petugas SPBU dibiarkan mengisi BBM Kia All New Sportage hingga ke bibir tangki. Jika selang pengisian BBM sudah menujukkan tangki terisi penuh (biasanya ada bunyi "prak"), jangan paksakan menjejali lagi dengan BBM, karena tangki akan bocor pada bagian bawah sehingga BBM akan menetes di kolong mobil.

Comfort

Selain suspensi yang membuat bantingan mobil lembut, All New Sportage sepertinya memang didesain sebagai teman tatkala Anda bertualang dengan anggota keluarga. Ketika duduk di kursi pengemudi, posisi nyetir nyaman untuk perjalanan jauh. Jok yang dirancang semi bucked memang terlihat cukup sporty, tapi busanya yang tebal membuat bokong dan punggung tak cepat letih. Khusus jok pengemudi ini pula Kia membekali All New Sportage dengan kursi yang bisa naik turun secara elektrik. Sangat membantu bagi Anda yang memiliki ukuran tubuh istimewa.



Sementara jika duduk dibangku penumpang walau fitur tadi tidak tersedia tapi tetap masih nyaman. Jok penumpang depan desiannya sama dengan sopir, tapi kursi bagian belakang serupa crossover lain dikelasnya. Ketika mencoba duduk dibangku penumpang belakang sandaran punggung terasa nyaman, tidak terlalu tegak dan juga tidak terlalu rebah. Jarak antara lutut dengan kursi penumpang depan juga masih jauh sehingga lutut masih bergerak leluasa. Namun karena bahan yang digunakan fabric maka ketika cuaca sangat panas cukup mengganggu saat bergesekan dengan kulit.



Berada dibalik kemudi Kia All New Sportage juga terasa menyenangkan karena visibilitas dari crossover serharga Rp. 286 juta on the road Jakarta itu yang baik berkat bentuk kaca depan yang sangat lebar. Pilar A dan B juga penampatannya tepat sehingga tidak mengganggu ketika harus melewati medan berkelok yang sempit atau parkir di ruang yang kecil.

Fitur



Jika kilas balik sesaat tentang Kia Sportage generasi perdana, inilah crossover yang bertabur fitur unggulan. Keunggulan itu bertahan lagi pada generasi terbaru Sportage. Fitur berlimpah sebagian besar demi menunjang kenyamanan pengemudi. Contohnya hydraulic power assisted with tilt steering, audio steering switch, electric seat, hingga sensor wiper.



Sementara itu fitur yang bisa mengcover seluruh penumpang di dalamnya antara lain head unit Radio CD/MP3/USB/AUx-In/iPod, Anti Lock Brake System dan dual Airbag. Jangan lupakan juga LED daytime turlinglight yang seakan-akan jadi mata sang macan kala siang hari.


Hauuuummmm!


RATING

7

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar