Senin, 21 Oktober 2013

BosMobil.com - Resmi sudah PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memperkenalkan Suzuki Ertiga, low MPV (Multi Puspose vehicle) terbaru yang sebelumnya tampil perdana dalam New Delhi Auto Expo 2012 beberapa bulan lalu.

SUZUKI ERTIGA

Indonesia memang patut berbangga karena nama ERTIGA berasal dari Bahasa Indonesia yakni gabungan dari ER (huruf 'R') yang bermakna Row (baris) dan kata Tigayang berasal dari angka '3'. Bisa disimpulkan Ertiga berarti mobil dengan tiga baris kursi yang mampu menampung hingga tujuh orang penumpang.

SUZUKI ERTIGA"Nama Ertiga akan digunakan secara global dan ini merupakan hasil kreasi dari tim SIS," sebut Marketing Director SIS Endro Nugroho disela Media Test Drive Suzuki Eriga di Bali beberapa hari lalu.

Lalu bagaimana kelebihan dan kekurangan si pesaing Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dan Nissan Livina ini? Berikut simak ulasan review singkat tim BosMobil yang sempat merasakan performa MPV anyar itu di Pulau Dewata.

Desain

SUZUKI ERTIGA

Mengambil platform Suzuki Swift, mungkin akan banyak yang setuju kalau Suzuki Ertiga merupakan Swift versi panjang. Kesan Swift ini muncul dengan kental dari bentuk headlamp, dan frotn gril serta bumper depan. Namun Suzuki mencomot desain New Swift yang beberapa waktu lalu telah diedarkan secara resmi di Inggris, sehingga bentuk ketiga bagian itu terlihat sangat stylish.

SUZUKI ERTIGA

Pada bagian samping, tim enggineer Suzuki Motors Corp. mendesain Ertiga sebagai mobil keluarga yang aerodinamis. Ini diperlihatkan dari tinggi keseluruhan mobil yang hanya 1.685 mm atau lebih rendah dari Avanza-Xenia. Sementara panjang keseluruhan 4.265 mm dengan lebar total 1.695 mm.

SUZUKI ERTIGA

Kesan Low MPV yang "berkelas" coba ditonjolkan melalui pilihan velg alloy wheel multy spoke 15 inci serta desain bagian belakang yang dinamis mulai dari rear door, penggunaan rear spoiler with stop lamp, hingga rear combination lamp dengan bentuk yang tidak terlalu besar.

SUZUKI ERTIGA

Masuk ke bagian kabin, Suzuki memilih kelir beige sementara bagian dashboard hadir dengan nuansa two tone antara beige dan abu-abu. Sepintas tema warna ini mirip dengan Suzuki APV, tapi Ertiga punya desian interior yang berbeda sekali dibanding saudara tuanya APV. Anda akan merasaknnya ketika sudah duduk di ruang kabin Ertiga.

SUZUKI ERTIGA

Performance

SUZUKI ERTIGABukan cuma bentuk yang dibuat benar-benar baru tapi juga urusan mesin. Suzuki Ertiga diperkuat sumber tenaga tipe K14B DOHC VVT Multi Point Injection 1.400 cc yang diklaim mampu menyemburkan tenaga 95 PS apda 6.000 rpm dengan daya maksimum 130 Nm di 4.000 rpm dengan hanya menyediakan pilihan transmisi manual 5-speed.
Ketika diuji coba melintasi berbagai ruas jalan di Bali, Ertiga punya tenaga yang cukup bisa diandalkan. Jarum speedometer dapat dengan mudah bergerak naik hanay dengan sedikit tekanan pada pedal gas. Karakternya mirip Suzuki Splash yang sama-sama berkode mesin 'K', responsif di putaran bawah dan tengah.

Sementara bicara kemampuan manuver, Ertiga yang diperkuat kaki-kaki model MacPherson strut with coil spring serta Torsion beam with coil spring membuatnya lincah sata harus diajak sedikit meliuk ke kiri dan kanan di kawasan Ubud atau menghindari beberapa pengendara roda dua yang kadang berjalan lamban di ruas jalan sebelah kanan. Urusan handling mengingatkan kami pada Suzuki Swift yang terkenal gesit bermanuver.

SUZUKI ERTIGA

Sayang memang kami tidak dapat menjajal bagaimana kemampuan optimal mesin Suzuki Ertiga, mengingat kondisi traffic di Bali yang sepadat Jakarta. Selain itu dalam satu mobil, Ertiga hanya diisi tiga orang penumpang termasuk sopir, sehingga kami pun belum mendapat gambaran bagaimana MPV 7-seater itu jika full loaded tujuh orang penumpang plus barang bawaan.

Comfort

"Suzuki Ertiga mengambil tema stylish and comfort, ini merupakan MPV yang powerfull, compact, tapi nyaman sebagai kendaraan keluarga," ujar Chief Designer Suzuki Ertiga Hisanori Matsushima.

SUZUKI ERTIGA

Stylish diterjemahkan lewat desain interior dan eksteriornya, powerfull dijawab melalui tenaga mesin yang responsif, sementara kenyamanan lebih banyak ditonjolkan di ruang kabin. Mulai dari bentuk jok yang sedikti lebih lebar dibanding Avanza-Xenia, sehinga membuat posisi berkendara lebih nyaman.

SUZUKI ERTIGA

Untuk jok baris kedua Suzuki juga sudah melengkapi Ertiga dengan arm rest di bagain tengah. Ketiga baris jok juga memiliki head rest dengan penampang yang lebih lebar dan lebih empuk jika membandingkan dengan Avanza-Xenia. Menariknya, jok baris kedua bisa di geser maju mundur hingga 240mm atau 4x kemampuan sliding seat pada All New Avanza-Xenia. Hal ini tentu bsia memberikan ruang lebih lega untuk penumpang belakang serta kemudahan akses masuk keluar bagi penumpang jok baris ketiga.

SUZUKI ERTIGA

Jok baris ketiga yang biasanya dikorbankan kenyamananya pada low MPV lain termasuk Avanza-Xenia, maka pada Ertiga, Suzuki memperlakukannya sama dnegan penumpang jok abris kedua.Caranya, pabrikan berlogo "S" itu mendesain tidak sampai memakan banyak ruang pad apenumpang jok baris ketiga, dengan demikian bagian ini sanggup disii dua orang dewasa dengan ruang yang lebih lapang. Tidak cuma itu, kami yang sempat merasakan duduk di kursi belakang juga tidak mengalami gejala ajrut-ajrutan seperti ciri khas Avanza-Xenia. Ertiga terasa lebih smoot dan tidak pusing atau mual walau duduk di bangku paling belakang sementara mobil hanya didiisi tiga orang.

SUZUKI ERTIGA

Masih seputar kenyamanan, Ertiga juga memfasilitasi keperluan keluarga Indonesia yang kerap membawa banyak barang ketika liburan akhir pekan atau pelesir ke luar kota. Karenanya bagsi Ertiga sanggup menampung 135 liter yang bsia membengkak jadi 735 liter kalau jok baris kedua dan ketiga di tekuk. Tak cuma itu ada pula 7 bootle holder, 1 cup holder, dan 1 laci penyimpanan di lantai yang letaknya tepat di belakang jok baris ketiga.

SUZUKI ERTIGA

Fitur

Cukup banyak fitur unggulan dari Suzuki Ertiga tipe GX ini. Diantaranya dual front airbags, Anti Lock Brake Systm (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), serta side impact beam. Fitur-fitur itu tidak ada pada Avanza-Xenia.

SUZUKI ERTIGA

Tilt steering, audio steering switch, dan head unit 2DIN CD, MP3 Player serta USB yang diperkuat 4 speakers 2 tweeter jadi fitur lain yang bisa disandingkan dengan Avanza-Xenia. Jangan lupa, Ertiga juga punya fitur kursi pengemudi yang bsia diatur ketinggiannya secara manual, serta height adjustable front sealt belt yang lagi-lagi tak ditemui pada duet Avanza-Xenia.

Price

SUZUKI ERTIGA

Inilah bagian yang sangat menarik dan jadi pertimbangan besar calon konsumen Suzuki Ertiga. Dengan desain yang benar-benar baru, kabin yang lebih nyaman, serta banyak fitur unggulan dibanding Avanza-Xenia, SIS mematok Suzuki Ertiga tipe GX dengan harga Rp.165 juta on the road Jakarta. Amat sangat bersaing dengan Avanza-Xenia yang sudah tak lagi jadi "mobil rakyat". Tapi AC yang belum double blower serta ketiadaan varian transmisi otomatik jadi pekerjaan rumah bagi Suzuki agar calon konsumen tidak lari ke kompetitornya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar