Senin, 21 Oktober 2013

Comfortable MPV - Mazda8

BosMobil.com - Bicara mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV), Indonesia mungkin memang jadi pasar yang paling gemuk. Mulai dari entry level, medium, hingga MPV high end, hampir semuanya diminati oleh masyarakat di dalam negeri.



PT Mazda Motor Indonesia (MMI) melihat pula peluang pasar yang besar ini. Karenanya tepat pada perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2011 lalu, MMI memperkenalkan Mazda8, sebuah MPV high end yang ditujukan bagi mereka keluarga muda stylish di Indonesia.

Apa plus minus pesaing Honda New Odyssey ini? Berikut review Mazda8 ala tim BosMobil beberapa waktu lalu.

Desain


Sejak hadirnya Mazda2 hatchback, MMI memenang seolah ingin menggeser image Mazda sebagai mobil yang stylish. Dan untuk Mazda8, "A Perfect Blend of Luxury and Comfort" merupakan tagline yang diangkat.



Ungkapan itu memang tidak terlalu berlebihan. Dari sisi eksterior misalnya, front grill menganut desain tegas berkarakter namun tidak meninggalkan kesan mewah berkat adanya aksen krom. Masih dari front facia, tema elegan juga dimunculkan melalui dual projector headlamp serta fog lamp berdesain unik yang diselimuti aksen krom.



Sementara itu pada bagian kiri dan kanan, Anda tidak akan menemui desain super bongsor pada Mazda8. Sebab Mazda membentuk MPV mewah ini bukan seperti Toyota Alphard atau Nissan Elgrand yang punya atap menjulang. Mazda8 malah tampil lebih aerodinamic dengan desain atap yang landai, tinggi keseluruhan body mazda8 cuma 1.685 mm, ditambah tarikan garis tepi yang halus seakan mengikuti kontur aliran angin ketika melaju kencang di atas aspal.



Beranjak ke belakang, kemewahan Mazda8 coba dihadirkan lewat rear lamp combination berjenis LED, rear garnish yang disepuh krom, serta rear bumper yang lebih dinamis dibandingkan MPV premium lain.



Masuk ke interior, tema yang dihadirkan pun berubah. Jika sebelumnya menonjolkan sisi luxury, maka tagline "comfort" coba diterjemahkan secara total. Contohnya jok tiga baris yang dilapis kulit serta aksen woodpanel pada bagian doortrim dan tuas transmisi. Jok sengaja dilapis kulit berkelir beige yang teduh sehingga kontras dengan dashboard yang menggunakan warna hitam.



Beberapa bagian di dahsboard juga menggunakan aksen krom. Intensitasnya memang kecil tapi pas untuk mendongkrak aura mewah dari kabin Mazda8, dan untuk panel insrument hadir dengan desain 3D yang futuristik. Semua indicator baik speedometer, odometer, hingga tripmeter bisa terbaca sempurna baik di siang hari maupun malam hari.


 
Perfomance
MZR 2.3-liter In-line 4 cylinders DOHC with Sequential Valve Timing (S-VT), Variable Intake System (VIS) dan Electronic Throttle Control (ETC) merupakan sumber tenaga Mazda8. Mesin ini dipercaya sanggup meluapkan daya puncak hingga 163 PS pada 6.500 rpm dengan torsi maksimum 203 Nm di 3.500 rpm.



Coba melesat dipadatnya jalan raya Ibukota, butuh feeling lebih untuk mengajak Mazda8 meliuk diantara barisan mobil dan motor yang antre di jam-jam sibuk. Mazda8 yang punya panjang 4.860 mm dan lebar 1.850 mm memang cukup sulit bagi MPV ini untuk gesit meliuk di jalan raya Jakarta. Namun ketika masuk ke jalan yang lapang, Mazda8 sanggup melesat hingga 160 kpj.



Ketika dalam keadaan kecepatn tinggi, handling dari mobil ini cukup baik walau tidak bisa dikatakan sempurna. Wajar mengingat Mazda8 diposisikan sebagai mobil keluarga bukan masuk kelas mobil sport. Hambatan justru muncul saat Mazda8 menanjak di daerah dataran tinggi. Agar bisa naik dengan mulus dengan kecepatan 60-80 km/jam, kami harus mengegser tuas transmisi 5-Speed Activematic ke posisi "1". Apalagi jika di medan menanjak itu tim harus mendahului kendaraan berat yanga ada di depan, maka pedal gas Mazda8 harus diinjak jauh lebih dalam.


Selain mesin yang kurang mumpuni ketika dibawa menanjak, konsumsi BBM bisa dibilang sedikit konsumtif alias boros. Dengan trek kombinasi antara perkotaaan dan luar kota serta jalan raya lurus, menanjak dan menurun serta menikung, Mazda8 mencatat konsumsi BBM 1:7 km.



Comfort
Mobil keluarga yang nyaman, itu kesan kami ketika menjajal Mazda8 baik saat duduk dibalik lingkar kemudi atau pun sebagai penumpang depan dan belakang.



Pada bangku sopir, jok dibuat sama nyamannya dengan penumpang depan maupun belakang. Pengaturan posisi duduk dilakukan secara elektrik, sementara visibilitas ke arah depan maupun sisi kiri dan kanan terbilang baik. Sementara ketika duduk jadi penumpang depan, pengaturan bangku masih manual tapi tidak mengurangi kenyaman.



Sementara itu untuk jok penumpang baris kedua kenyamanan ditawarkan lewat legroom yang lega. Jok dibaris kedua juga bisa dimaju mundurkan dengan rentang jarak yang cukup panjang.



Untuk bangku baris ketiga, meski tidak punya ruang yang cukup lebar tapi masih tetap nyaman jika Anda membawa si buah hati untuk berlibur bersama keluarga. Kalau jok baris ketiga tidak digunakan maka bisa dilipat. menariknya, jok ini disertai motoris sehingga untuk mengembalikan ke posisi semula cukup tekan tombol yang ada di bagian belakang, tepatnya dekat bagian rear lamp sebelah kanan.



Suspensi jenis Independent MacPherson struts dan Independent Multi-link juga bekerja optimal menahan guncangan kala Mazda8 dibawa melintas di jalan yang kurang mulus. Baik ketika jadi sopir atau duduk sebagai peumpang, kenyamanan kabin Mazda8 sama rata. Tidak ada gejala tubuh terombang-ambing, semuanya terasa nyaman.
 

Fitur
Everything is motorize! Ya, ada banyak fitur motorize yang ditawarkan Mazd8. Contohnya electric seat, AC dual zone, seat heater alias kursi pemanas yang  ada di jok pengemudi dan penumpang depan, kedua pintu belakang yang bisa dibuka tutup secara otomatis lewat tombol remote, serta pintu bagasi yang juga bisa membuka menutup hanya  dengan sentuhan satu jari.



Sementara itu dari sisi hiburan, audio system CD, MP3, dan DVD Player jadi menu utama, tak lupa slot USB, AUX-in serta Bluetooth jadi point plus untuk mengkoneksikan gadget Anda dengan piranti hiburan pada Mazda8.



Tak ketinggalan, Anti-lock Brake system (ABS), Electronic Stability Progam (ESP), Brake Assist (BA), dan 6 airbag yang tersebar di setir, dashboard penumpang depan, pilar A serta airbag samping juga jadi fitur keselamatan standar yang ada di mazda8. Sangat berguna untuk melindungi Anda sekeluarga
 

Price


Bersaing dengan Honda New Odyssey yang ada dikisaran Rp.529 juta, Mazda8 ditawarkan dengan harga Rp.499,2 juta on the road Jakarta. Fitur motorize pada pintu belakang dan bagasi serta kenyamanan suspensi dan kenikmatan berkendara jadi nilai lebih bagi Mazda8. Namun konsumsi BBM yang terbilang boros serta mesin yang kurang mumpuni saat tanjakan perlu jadi pertimbangan sebelum Anda memboyong Mazda8.



RATING

8

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar