Senin, 21 Oktober 2013

Lebih Akrab Dengan Toyota All New Avanza Veloz

BosMobil.com - Menyandang predikat sebagai mobil paling laris di Indonesia, tentu bukan hal mudah bagi PT Toyota Astra Motor (TAM) mempertahankan kesuksesan Avanza pada generasi terbarunya.



Di akhir 2011 silam, TAM sebagai agen pemegang merek (APM) Toyota di Tanah Air resmi memperkenalkan All New Avanza. Perubahannya sangat signifikan dibanding Avanza pendahulunya. Apalagi kini hadir All New Avanza Veloz sebagai varian paling tinggi dari keluarga All New Avanza.



"Veloz kita ambil dari kata Velocity yang menggambarkan kelincahan dan kecepatan," ujar Marketing Director TAM Joko Trisanyoto saat peluncuran All New Avanza. Benarkah? Tim BosMobil pun mengujinya secara ekslusif khusus untuk Anda!

Desain



Melihat wujud All New Avanza Veloz tak bisa dipungkiri, kita tentu akan membandingkannya dengan sang pendahulu, Avanza 1.5 S. Baik eksterior maupun interior semuanya berubah total. Bahkan khusus All New Avanza Veloz ada beberapa perbedaan dibanding saudara lainnya.



Sebut saja bumper bagian depan. Bentuknya sangat berbeda dibanding Avanza lawas. Lekukannya lebih dinamis dipadu airdam yang besar. Ubahan lain bisa dilihat dari headlamp yang kini lebih lebar. Apalagi front grill berbentuk garis horizontal yang tegas disepuh krom mendongkrak kesan elegan dari All New Avanza Veloz.



Bentuk velg 15 inci yang dipadu ban 185/65 juga memiliki desain multi spoke yang baru. Namun bila diperhatikan, walau ukurannya sama tetapi modelnya tak seelegan pendahulunya yaitu Avanza 1.5 S.




Lanjut ke bagian belakang, perubahan antara All New Avanza Veloz dengan Avanza 1.5 S juga terlihat disini. New rearlamp yang melebar dan rear bumper reflector serta rear garnish memang membuat MPV ini layak disebut major change. Walau memiliki desain yang terlihat futuristik, tetapi rasanya terlalu nyeleneh karena banyaknya lekukan pada bagian belakang.



Lekukan futuristik juga bisa ditemui kala membuka pintu All New Avanza Veloz. Bentuk dashboard dibuat bertingkat, mengesankan suatu perubahan yang fresh, namun kini hadir dalam satu warna dark grey bukan two tone color seperti Avanza 1.5 S. Selain itu kualitas dari keseluruhan kabin All New Avanza Veloz. didominasi dengan material plastik, bahkan dibeberapa titik seperti switch AC dibuat glossy malah muncul kesan tidak seimbang dengan tampilannya.





Performance

Sejumlah media yang sempat menjajal MPV bermesin 1.495cc 4 silinder 16 valve DOHC VVT-i berkode 3SZ-VE ini menyebutkan jika tenaganya begitu mengagumkan. Hmmm... kami pun penasaran! Jalan Tol Jakarta-Cikampek-Cipularang jadi pembuktian performa mobil 7-penumpang ini.



Mendapatkan All New Avanza Veloz bertransmisi 4-speed automotic (A/T) kami geser tuas transmisi ke "D". Mobil pun meluncur, akselerasi bawahnya lambat dan hentakan pergantian antar gigi pun masih sedikit terasa. Sensasi berbeda malah terasa ketika transmisi digeser ke posisi "D3". Putaran mesin terasa lebih responsif dan sanggup mencapai kecepatan di atas 100 km/jam dengan mudah. Tapi pada saat putaran mesin lebih dari 4.000 rpm, mesin pun meraung alias teriak hingga terdengar jelas di dalam kabin sehingga sedikit menimbulkan kebisingan.



Masih dipergunakannya mesin yang serupa dengan Avanza 1.5 S membuat konsumsi bahan bakar All New Avanza Veloz masih ada di kisaran 11-12.6 km/liter dengan trek kombinasi.



Saat speedometer sudah bergerak lebih dari 120 km/jam handling juga terasa masih sama dengan Avanza 1.5 S. Gejala over steer serta under steer hanya sedikit saja berkurang dengan adanya suspensi Macpherson Strut with Coil Spring di depan dan 4 Link Lateral Rod with Coil Spring yang telah diracik ulang. Jadi bila ada pihak yang menyebutkan handling All New Avanza Veloz begitu sempurna, hmmm... rasanya sedikit berlebihan.


Comfort

Dilihat dari sisi harga, All New Avanza Veloz memang bukan lagi disebut mobil murah. Dengan banderol Rp.182,9 juta on the road Jakarta, TAM menawarkan kenyamanan All New Avanza Veloz yang hanya sedikit saja berbeda dibanding Avanza 1.5 S.



Desian jok dibuat lebih lebar dibanding Avanza lawas, busanya juga terasa lebih tebal sehingga mampu menciptakan kesan empuk. Mekanisme sliding yang lebih panjang pada jok baris pertama membuat legroom terasa lebih lebar. Geser jok dengan posisi paling mundur maka Anda yang bertubuh jangkung akan lebih leluasa duduk jadi sopir. Untuk jok baris kedua juga kini bisa sliding, akibatnya ruang penumpang jok kedua makin lega.



Tapi jangan harapkan ada kenyamanan sempurna ketika Anda duduk di bangku ketiga. Bila jok baris kedua dimundurkan, maka ruang gerak jok baris terakhir begitu semepit. Tim Bosmobil yang memilki postur tubuh 175-an cm saja harus sedikit menekuk lutut ketika duduk di tempat ini. Tak cuma itu, tubuh masih terasa ajrut-ajrutan ketika melewati jalan yang sedikit bumpy seperti jalan Tol Cipularang. Waduh!




Fitur



Sebagai kasta tertinggi di keluarga All New Avanza, Veloz tentu menyajikan fitur paling lengkap. Diantaranya Audio system 2DIN CD/MP3 dengan USB dan iPod Connection yang terintegrasi dengan 6 speaker. Ada juga fitur audio switch steering, rear parking sensor, dan juga Anti-lock Braking System (ABS).



Pada sisi pengemudi juga ditambahkan Multi Information Display (MID) yang menampilkan Trip A, Trip B, Fuel Consumption, Range, dan AVG. Tilt Steering juga menjadi kelebihan All New Avanza Veloz yang sebelumnya tidak ada pada Avanza 1.5 S.


So.. what do you think??

RATING

6

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar