Senin, 21 Oktober 2013

Luxurious Sporty Saloon - Review Audi New A6 2.8 FSI

BosMobil.com - Penyuka sedan premium papan tengah boleh melirik Audi New A6 jika sedikit ingin berpaling dari BMW Seri 5 atau Mercedes-Benz E-Class. Bukan hanya desainnya yang menawan tapi juga banyak fitur baru yang ditawarkan pabrikan Jerman berlambang empat cincin tersebut.



Apa saja senjata Audi New A6 untuk mengacak-acak dominasi BMW serta Mercedes-Benz di kelasnya? Berikut review singkat BosMobil dengan Audi New A6 2.8 FSI.


 
Desain 



Cukup signifikan ubahan yang diusung Audi untuk generasi teranyar A6 ini dibandingkan pendahulunya. Karakter tegas yang diracik dengan unsur sporty coba dihadirkan para tim engineer yang berpusat di Ingolstadt, Bavaria, Jerman itu. Mulai dari headlight hingga rear end, semuanya dibuat dengan tarikan garis yang tegas dan berkarakter.



Begitupun dengan gril horizontal berkelir hitam yang pada tepinya sengaja disepuh krom yang kontras. Aura sporty dimunculkan dari pelek 18 inci model 10 spoke berbahan aluminium. Sementara bagian lampu baik di depan maupun belakang malah dibuat dengan nuansa yang sangat futuristik dengan menggunakan LED.



Pada bagian interior, Audi paham benar jika A6 diposisikan sebagai sedan mewah. Karenanya kabin dibuat dengan tema elegan. Jok, trim, dashboard, hingga plafont dilapis kulit berwarna hitam. Sedangkan pada beberapa bagian lain seperti seputaran tuas transmisi dan list pada dahsboard dibubuhi pula dengan oak wood panel serta sedikit sentuhan krom.



Panel indikator mampu menampilkan speedometer, odometer, tripmeter, dan fueltank meter dengan baik meski di siang hari. Dan di tengah dashboard ada Multi Media Interface (MMI) sebagai sumber informasi dan display pengaturan mobil.


 
Performance
Menyandang mesin 2.8 FSI S-Tronic dual clutch gearbox berpenggerak roda depan, Audi menjanjikan New A6 sanggup melahirkan tenaga puncak 204 PS. Walau memiliki dimensi 4.915 mm x 2.086 mm x 1.455 mm, namun tidak sulit untuk membawa sedan Jerman ini melesat di tengah jalan raya Ibukota.



Cukup geser tuas transmisi ke posisi "D" maka biarkan fitur pintar pada A6 melaksanakan tugasnya. Untuk Anda yang ingin sedikit memacu adrenalin, pada MMI pilih fitur Audi Drive Select dan arahkan pada pilihan Dynamic. Maka karakter mesin dan transmisi akan berubah termasuk penyesuaian bobot setir saat mobil dipacu dengan kecepatan tinggi. Jika transmisi dirasa masih kurang responsif geser saja tuas transmisi di posisi S-Tronic dan naik serta turunkan posisi gigi sesuai kebutuhan Anda.



Untuk yang ingin santai dan merasakan kenyamanan Audi New A6, maka posisikan Audi Drive Select di mode Comfort. Disini karakter mesin dibuat lebih soft dengan suspensi yang disetting lebih lembut tidak serigid mode sebelumnya. Mesin memang agak telat jika dipaksa injak pedal gas, tapi kelembutan suspensinya bisa membuat Anda begitu menikmati berada dibalik kemudi A6.



Kalau mau menikmati mesin bongsor Audi New A6 tapi tetap mendapatkan fuel eficiency yang baik, pilih mode drive Individual. Lewat contol pada setir, Anda bsia mengatur tingkat efisiensi pemakaian BBM paling tinggi, maka mobil secara otomatis akan melakukan setting ulang seperti perintah ANda. Untuk pemakaian pada mode Comfort dan Dynamic dengan trek dalam kota, tim BosMobil medapat catatan konsumsi BBM 8,6 km/liter.


 
Comfort
Duduk jadi pengemudi dan penumpang belakang Audi New A6 ternyata perbedaannya cukup signifikan. Sedan ini sepertinya dirancang untuk mereka yang lebih gemar membawa sendiri kendaraannya ketimbang harus selalu disupiri.



Wheelbase Audi New A6 memang cukup lebar yakni 2.912 mm, namun saat menjajal duduk di kursi belakang, jok dibuat sedikit tegap posisinya, sehingga jika menempuh perjalanan cukup jauh,  punggung akan mudah pegal, meskipun bagian ini sudah dilapis busa yang cukup tebal dan juga pelapis kulit dengan bahan yang lembut. Pusat control MMI yang ada di console tengah juga tidak bisa dipoperasikan dari jok penumpang belakang, sehingga cukup repot ketika harus melakukan setting audio.



Masih dari bangku penumpang belakang, ketika modus pengendaraan ada di posisi Comfort, maka peranan Audi A6 sebagai sedan mewah memang menyajikan kenyamanan yang baik. Tapi hal ini akan berbeda ketika si pengendara mengubah Audi Drive Select jadi Dynamic, maka kaki-kaki yang secara otomatis disetting lebih rigit sedikit memangkas kenyamanan penumpang belakang.



Semua kekurangan itu akan sirna jika Anda ada dibalik kemudi Audi New A6. Posisi jok yang dapat diatur secara elektrik serta ada fitur memory seat tentu bisa disesuaikan dnegan postur tubuh si pengendara. Visibilitas ke arah depan maupun samping juga baik, tapi sayang, dengan dimensi body sebesar itu terkadang cukup kesulitan ketika harus parkir atau berputar di tempat yang sempit.



Jangan tanyakan tentang kapasitas bagasi. Dengan volume hingga 530 liter, maka Audi New A6 akan jadi partner yang sangat cocok untuk Anda beraktifitas sehari-hari di kantor, menemui klien, atau main golf dan tenis sejenak sebelum akhirnya pulang ke rumah.


 
Fitur



Banyak sekali fitur baru yang dibenamkan pada Audi New A6. Seperti A8, MMI kini sudah bisa dinikmati pada "sang adik". Pada MMI tersebut mampu dilakukan pengaturan mobil mulai dari setting audio system, mode pengendaran yang terbagi dalam Comfort, Auto, Dynamic, dan Individual. Ada juga fitur yang menampilkan informasi tentang konsumsi bahan bakar, jarak tempuh perjalanan, hingga estimasi jarak yang bisa ditempuh dengan sisa bahan bakar yang ada di tangki.



MMI bisa dikontrol melalui berbagai tombol yang ada di console tengah. Kontrol ini hadir dengan desian yang intuitif tapi butuh penyesuaian untuk bisa masuk dari satu menu ke menu yang lainnya.



Selain itu body dengan sasis aluminium, dan Audi Pre Sense di bagian depan serta belakang yang berfungsi sebagai sensor yang mendeteksi jika mobil dalam situasi yang memungkinkan terjadinay kecelakaan untuk memerintahkan seat belt mengencang serta cruise control bekerja menjadi fitur keamanan tambahan selain ABS, EBD, dan BA serta airbag. Fitur pedestrian detect dan speed limiter juga jadi perangkat keselamatan tambahan lain yang ada di Audi New A6.

Price


Bersaing dengan kompetitor sesama Jerman, Audi menawarkan New A6 2.8 FSI diharga Rp.790 juta off the road Jakarta. Jika membandingkannya dengan BMW Seri 5 atau Mercedes-Benz E-Class, Audi New A6 coba menawarkan desain yang lebih agresif, mesin dengan teknologi baru, serta bertabur fitur-fitur canggih.




RATING

8

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar