Senin, 21 Oktober 2013

Si Smooth SUV - Nissan X-Trail 2011

BosMobil.com - Mobil berjenis Sport Utility Vehicle (SUV) biasanya identik dengan tampang yang garang dan tenaga super power. Kesan itu coba sedikit diubah oleh PT Nissan Motor Indonesia (NMI) melalui X-Trail 2011.



Nissan New X-Trail sebenarnya merupakan versi minor change dari X-Trail pendahulunya. "Stylish City Drive". Begitu tagline yang diusung NMI sebagai pemegang merek mobil Nissan di dalam negeri terhadap New X-Trail. Apakah kami sependapat dengan tagline tersebut? Berikut review singkat tim BosMobil setelah sempat mencicipi Nissan New X-Trail 2.0 CVT belum lama ini.


Desain



Makin gaya, Itu kesan pertama kami ketika pertama kali sosok Nissan New X-Trail yang secara resmi diperkenalkan pertama kali pada gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2011. Dibanding X-Trail generasi sebelumnya versi minor change ini mengusung beberapa perubahan, baik interior maupun eksterior.



Contohnya saja desain headlamp yang baru, front bumper dan front grill yang juga baru, serta desain velg 17 inci yang juga anyar. Bila melihat sekilas tampilan muka New X-Trail, SUV berdarah jepang ini seakan bergeser dari sebelumnya yang memiliki karakter galak dengan desain serba mengkotak, beralih jadi mobil perkotaan yang stylish. Tim menilai desainnya lebih "lembut".



Dibagian belakang, perubahan cuma ada di sisi rear bumper dan rear lamp. Khusus bagian lampu belakang, kini menggunakan LED sehingga ketika malam hari cahaya yang dipancarkan terlihat lebih stylish dan futuristik.



Sementara dari sisi interior, perubahannya lebih minim. Dashboard masih tampil layaknya X-Trail terdahulu. Warna black masih tetap dominan namun pada bagian center dashboard dan sebagian shift knob ada aksen kelir silver. Minimalis tapi terkesan elegan. Tapi jika dibandingkan beberapa kompetitornya seperti Honda New CR-V atau Toyota Grand Fortuner, desain dashboard New X-Trail memang terasa membosankan.



Nunasa hitam terus berlanjut ke bagian jok, doortrim, hingga plafon. Desainnya juga tak banyak sehingga jika Anda memiliki atau sempat menjajal Nissan X-Trail generasi sebelumnya maka tak asing dengan kabin New X-Trail.


Performance

Namanya juga minor change alias facelift, maka rombakan yang dilakukan Nissan pada New X-Trail juga tidak sampai menyentuh bagian mesin. New X-Trail masih diperkuat MR20DE 2.0-liter 4 silinder segaris DOHC yang dilengkapi teknologi CVTC. Mesin isi diklaim bisa menyemburkan tenaga hingga 102 hp pada 6.000 rpm dengan torsi 198 Nm di 4.400 rpm.


Mesin yang biasa saja? Tunggu dulu! Nissan punya sistem transmisi XTronic CVT (Continous Variable Transmission) yang dipadankan dengan sistem Compact Balancer Shaft. Inilah yang bikin X-Trail istimewa. Geser tuas transmisi CVT M-Mode ke posisi "D" maka biarkan teknologi CVTC bekerja.
Jika Anda tak terlalu paham dengan teknologi CVTC Compact Balancer Shaft tidak perlu mencari literatur lebih jauh. Cukup rasakan bagaimanan perpindahan antar gigi dari transmisi dari New X-Trail yang lembut. Mulai dari kick down hingga kecepatan tinggi, setiap perpindahan gigi tak pernah ada gejalan menyentak. Smooth...!
Hal yang sama juga akan terasa meski tim mengaktifkan transmisi M-Mode 6-speed. Perpindahan gigi yang dilakukan secara manual terasa sangat halus, bahkan transmisi dari bahan baja ini mampu mengakomodir kebutuhan perpindahan gigi dari 1-6 pada model manual atau sebaliknya dari 6 ke 1. Di sisi ini, pada segmennya hampir tak ada yang bisa menyamai kenyamanan sistem transmisi New X-Trail.



Ok, lantas bagaimana dengan handlingnya? Menggunakan kaki-kaki model Independent MacPherson Strut with Stabilizer dibagian depan dan Independent Multi-link Strut with Stabilizer bar di belakang membuat predikat X-Trail sebagai SUV dengan bantingan yang lembut tetap dipertahankan. Mungkin nilai positif inilah yang dilihat NMI sebagai senjata untuk menghadang para pesaingnya, sehingga dirasa belum perlu untuk merombaknya secara signifikan.


Comfort

Settingan kaki-kaki yang lembut serta bantingan yang empuk merupakan nilai tambah segi kenyamanan Nissan New X-Trail. Tapi bukan itu saja, busa yang tebal pada setiap jok New X-Trail mampu membuat kenyamanan lebih baik meski mobil ini menopang hingga 5 orang sekaligus.




Duduk di bangku pengemudi, penumpang depan, maupun penumpang belakang tidak ada bedanya. Jok yang dibuat nyaman serta legroom yang lapang bisa memberikan jaminan semua orang bisa betah berlama-lama ada di kabin New X-Trail. Saat tim merasakan dibalik lingkar kemudi, maka X-Trail begitu nikmat untuk diajak meliuk ditengah kota atau sedikti mencicipi trek luar kota. Sementara saat merasakan jadi penumpang, tim bisa begitu menikmati setiap detik dari perjalanan.



Bawa banyak barang? Jangan takut ruang kabin terpangkas, sebab New X-Trail punya ruang bagasi yang sangat luas. "Bisa muat meja satu buah nih," ucap satu rekan tim yang ikut saat sesi tes drive. Menariknya bagian bagasi juga disertai laci tempat untuk meletakkan barang bawaan lain seperti sepatu. Kembali bagian ini jadi sisi menarik Nissan New X-Trail.


Fitur

Beradu dengan kompetitornya sesama Jepang, New X-Trail juga dipersiapkan dengan sejumlah fitu unggulan. Misalnya electric seat, Anti-lock Brake System (ABS), Electornic Brake Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Airbag, headlamp levelling, headlamp washer, smart key, tilt steering, serta on board computer.



Sementara dari sisi entertainment, ada head unit single din berkemampuan memutar Radio, CD, MP3, dengan tambahan slot USB dan AUX-In yang bisa jadi sumber hiburan ketika bertualang bersama New Xtrail.


Price



Ditawarkan dengan harga Rp.346,5 juta on the road Jakarta, Nissan XTrail 2011 menawarkan kenyamanan berkendara.


RATING

6

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar