Senin, 14 Oktober 2013

Super Entry Level Hatchback - VW New Polo

BosMobil.com - My First German car. Begitu tagline Volkswagen (VW) terhadap New Polo. Itu artinya hatchback kelahiran Wolfsburg, Jerman itu masuk dalam entry level. Tapi jangan salah, meski label-nya entry level VW New Polo punya segudang kelebihan.



VW New Polo pertama kali diperkenalkan saat gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2011 oleh PT Garuda Mataram Motor (GMM) selaku pemegang merek VW di dalam negeri. Gemuknya pasar hatchback memang membuat banyak pabrikan otomotif luar yang ikut bermain di dalamnya.

Desain



Balik lagi dalam selogan My First German Car, VW New Polo memang tampil lebih sederhana dibanding sang kakak, VW Golf. Tapi VW New Polo tidak mau tampil "cupu", karenanya grill depan dibuat hampir menyerupai VW Golf. Dynamic headlight dengan desain yang futuristik dan rearlight berdesain unik membuat VW New Polo tampil lebih modern dibanding generasi sebelumnya.



Masih seputaran lampu, menggunakan teknologi halogen, headlamp dan turn signal dibuat dalam satu rumah yang sama yang tertutup pada clear glass cover. Front foglight juga menggunakan sistem yang mampu mengikuti putaran stir. Artinya ketika stir diputar ke kanan maka hanya foglight sebelah kanan yang menyala, sebaliknya jika belok ke kiri maka foglight kiri yang menyala.



Velg alloy 15 inci 6-spoke yang dibalut ban 185/60 ikut jadi item pembeda VW New Polo dari pendahulunya. Begitu pun dengan bumper dan door handle yang sekarang punya warna senada body.



Urusan kabin VW New Polo menyajikan new interior design with elegant three spoke steering wheel dan new dashboard. Tampilannya sederhana tapi sarat cita rasa sporty dan fungsional. Panel instrumen tertata rapih dan mudah terlihat, tapi komposisinya masih tak jauh berbeda dibanding Polo terdahulu. Untuk sisi entertainment VW New Polo menggunakan Radio CD/MP3 dengan 4 speakers.




Performance

Kini saatnya bicara soal tenaga dari VW New Polo. Dari balik bonet, VW New Polo diperkuat mesin 1.390cc empat silinder berdaya 85 hp pada 5.000 rpm dengan torsi puncak 132 Nm di 3.800 rpm. Walau VW New Polo kini diposisikan sebagai mobil pertama untuk mereka yang ingin "hijrah" menggunakan mobil Jerman, VW tidak main-main. Satu fitur yang baru dari New Polo yakni transmisi 7-speed Dual Clutch DSG. Sistem transmisi ini merupakan pertama yang diterapkan pada VW New Polo dan mungkin tidak ada pada hatchback lain di kelasnya.

Fitur ini yang menjadi pembeda VW New Polo dengan generasi sebelumnya. Ketika tuas transmisi di geser ke posisi "D", maka pergantian posisi gear berlangsung halus. Tapi entah karena kondisi mobil yang kurang fit atau memang seperti itu settingan mesinnya, ada gejala menyentak saat pedal gas diinjak dari kondisi mobil diam hingga berjalan lambat. Kondisi ini kemudian menghilang ketika putaran mesin sudah lebih dari 2000 rpm.
Masih pada posisi tuas transmisi di "D", lepas dari markas besar GMM di kawasan MT Haryono, Jakarta, pedal gas terus diinjak lebih dalam. Wuuuzzz...! Efeknya dahsyat bos, VW New Polo berkelir putih itu dalam seketika menunjukkan angka kecepatan 100 km/jam dalam waktu yang tak terlalu lama. Namun hasrat menggeber VW New Polo lebih bringas harus ditahan mengingat tes drive dilakukan di jalan umum dengan tetap memperhatikan keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lain.
Sistem DSG makin terasa kala posisi mesin sudah lebih dari 2.500 rpm. Apalagi saat  tuas transmisi digeser ke posisi "S" atau pindah ke "manual", maka 7-speed dari New Polo benar-benar mampu memuaskan dahaga para pecinta kecepatan, bahkan yang kami rasakan power dari VW New Polo hampir mirip dengan Golf 1.4 TSI. Kalau sudah seperti ini siapa pun yang mencicipi VW New Polo pasti akan jatuh cinta dengan mobil-mobil VW.


Power yang lebih dari cukup ditunjang pula dengan handling yang baik. Berbekal suspensi 3-point wishbone with anti roll bar dan torsion beam axle with integral anti roll bar, memberikan sensasi yang mengasyikkan ketika VW New Polo diajak meliuk-liuk atau bermanufer membelah ramainya lalu lintas Ibukota. Sebagai hatchback entry level, memang layak jika VW New Polo dipinang para konsumen kaum muda atau ibu-ibu muda dari kota urban.




Comfort

Selain kemampuannya bermanufer, VW New Polo juga punya sisi menarik lain. Kabinnya terasa kedap. Raungan mesin di putaran tinggi tak sampai menyeruak ke dalam kabin. Alunan lagu-lagu Top 40 yang mengalun dari siaran radio terdengar jernih tanpa noise berlebih dari suara mesin maupun gesekan ban ke aspal. Tapi jika kecepatan mobil sudah melebihi 100 km/jam grip si karet bundar ke aspal mulai terdengar ke dalam kabin.



Visibilitas pengemudi juga cukup baik, tidak ada hambatan berarti untuk pandangan ke depan, kiri-kanan, serta belakang. Sayang tidak ada sistem parking sensor yang ditanam pada VW New Polo sehingga perlu ekstra hati-hati ketika memarkir hacthback Jerman yang saat ini jika tidak mau bumper belakang mencium tembok atau kendaraan lain.



Dengan dimensi 3.970mm x 1.682mm x 1.485mm, VW New Polo punya legroom yang cukup lapang, terutama untuk pengemudi dan penumpang depan. Ka
sitas bagasi juga cukup untuk menampung tas-tas besar jika Anda berniat pelesir ke luar kota bersama VW New Polo. Tetapi pengaturan jok yang masih manual kadang merepotkan, apalagi tuas pengaturnya cukup keras, sehingga butuh tenaga ekstra.



Fitur

Mobil Jerman pertama dengan segudang fitur yang bisa Anda dapatkan. Begitu kesimpulan kami terhadap semua sistem elektronis yang ada di VW New Polo. Mulai dari bagian luar, ada foglight yang bisa mengikuti putaran stir sehingga memberikan pencahayaan lebih baik ketika Anda menikung. Ada pula Anti-lock Braking System, Brake Assist, dan Electronic Brake Force Distribution (EBD).



Di bagian dalam ada fitur tilt steering, automatic air conditioning, dual front SRS airbags, 3 point seatbelt with pre-tensioner, serta audio system RCD 210 radio, CD, MP3 player with 4 speakers. Pengaturan audio ini bisa dilakukan dari lingkar kemudi melalui fitur audio steering switch.



Satu fitur pada VW New Polo yang sangat menonjol menurut kami adalah Dual Clutch Transmission (DSG) 7-speed. Inilah sistem transmisi pertama yang diterapkan pada Polo, sistem ini sendiri sebenarnya sudah ada pada VW New Touran dan VW Golf. Menggunakan dual automatic gearbox, jels DSG memberikan akselerasi yang sangat baik di semua putaran mesin, artinya, tenaga seakan tak pernah habis. Sistem ini pula yang membuat VW Polo jauh lebih unggul dalam hal teknologi dibanding hatchback lain di segmennya.



Price

Ada harga ada kualitas, begitu pula dengan VW New Polo. Dengan banderol Rp.258 Juta on the road Jakarta, jelas VW New Polo lebih mahal dibanding Toyota New Yaris, Honda New Jazz, maupuan Mazda2 hatchback. Tapi sistem 7-speed DSG, perangkat keamanan pasif dan aktif yang lengkap, dan hadling yang baik jadi poin penting dari VW New Polo.



Dan sekali lagi, jika memilik VW New Polo artinya Anda mencicipi bagaimana mobil-mobil Jerman, because It's Your First German Car!

RATING

8

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar