Senin, 21 Oktober 2013

Suzuki Karimun Wagon R : Looks Like City Car, Feels Like MPV

Jakarta, BosMobil.com - Program pemerintah guna mendorong kemajuan industri otomotif memang beragam. Salah satu yang terkenal adalah adanya progam Low Cost and Green Car (LCGC) yang memberikan kesempatan masyarakat untuk segera memiliki mobil baru. Meski program ini dirasakan cukup menggoda, namun tidak semua APM yang mengajukan diri. Dan salah satu yang mengajukannya adalah PT. Suzuki Indomobil Sales selaku APM resmi dari mobil Suzuki di Indonesia.

Suzuki Karimun Wagon R

Untuk bermain di kelas ini, Suzuki pun menggunakan Suzuki Karimun Wagon R. Mobil yang telah terjual sebanyak 4 juta unit di Jepang sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 1993 ini diharapkan mampu menjawab kebutuhan masyarakat commuter yang membutuhkan kendaraan tidak hanya murah, namun juga fungsional dalam segala hal.

Suzuki Karimun Wagon R

Lantas bagaimana Suzuki Karimun Wagon R mencoba menjawab tantangan tersebut?

Design

Tidak dapat dipungkiri bahwa Suzuki Karimun Wagon R merupakan sebuah kendaraan yang memiliki desain eksterior sederhana. Kecil, boxy dan tidak memiliki kesan yang ‘wah’ pada pandangan pertama. Namun setelah diperhatikan lebih seksama, Suzuki Karimun Wagon R memiliki beberapa poin yang pantas untuk diulas.

Suzuki Karimun Wagon R

Dari depan, yang paling menggoda mata tentu saja logo burung berlapis krom yang disematkan. Tidak jelas burung apa (dan tidak dijelaskan oleh pihak Suzuki), namun desainnya menyerupai Garuda Pancasila. Tak hanya logo, grill depannya yang dibuat berpalang juga turut dilapisi krom. Sementara itu pada headlamp, Suzuki memberi aksen biru di salah satu sudut dan memberikan kesan cukup sporty pada mobil ini.

Suzuki Karimun Wagon R

Nuansa sederhana juga juga hadir di sisi Suzuki Karimun Wagon R. Tidak telalu banyak lekukan untuk memberikan kesan aerodinamis di mobil ini. Demikian juga pada sisi belakang belakang mobil. Cukup low profile dengan hanya menyematkan pembuka bagasi berlapis krom.

Suzuki Karimun Wagon R

Meski terasa sederhana, namun terlihat Suzuki cukup apik mendandani interior mobil. Nuansa cerah dengan menyelipkan warna beige ke interior, memberikan nuansa yang cukup nyaman. Dashboard juga dihadirkan dengan 2-tone colour sehingga memberikan nuansa yang lebih hidup.


Suzuki Karimun Wagon R


Performance

Mobil LCGC tidak diperbolehkan untuk menggunakan mesin berkapasitas lebih dari 1.200 cc. Sehingga Suzuki pun hanya menyematkan mesin berkapasitas 1.000 cc untuk mobil ini. Dan pilihan Suzuki ini rasanya cukup tepat karena dimensinya yang kecil rasanya tidak perlu mobil dengan mesin berkapasitas besar.

Suzuki Karimun Wagon R

Kini saatnya untuk menguji mobil ini. Injak kopling dan masukkan gigi 1, tekan pedal gas sambil melepas kopling secara perlahan, mobil mulai melaju. Sambil melaju, kami coba mengikuti petunjuk dari Gear Shift Indicator untuk memindahkan gigi, yaitu saat putaran mesin menyentuh angka sekitar 2.000 RPM. Sedangkan saat di putaran atas, mesin terasa lebih responsif.

Saat kondisi macet, dimensi kecil Suzuki Karimun Wagon R memberikan banyak keuntungan. Mobil dapat meliuk di tengah kemacetan dengan cukup mudah. Tak hanya itu, mobil ini pun memiliki kemampuan berbelok secara tajam. Selain mencobanya di jalur perkotaan, kami juga menelusuri jalan-jalan tikus. Sekali lagi, dimensi yang kecil ditambah dengan handling yang apik menjadikan Suzuki Karimun Wagon R cukup mudah menelusuir jalanan yang kecil.

Suzuki Karimun Wagon R
Suzuki Karimun Wagon R

Suspensi terbilang tidak terlalu keras, tapi juga tidak empuk. Meski jalan yang kami lalu terbilang tidak terlalu mulus, namun guncangannya cukup teredam walau tidak sepenuhnya. Asyiknya, saat kecepatan 110 km/jam, mobil masih terasa stabil.


Comfort

Dilihat dari luar sih mobil ini memang terlihat kecil. Tapi dalemannya, lega! Ya, nampaknya Suzuki memang sengaja mendesain Suzuki Karimun Wagon R yang ‘kotak’ agar membuat dimensi kabin menjadi terasa luas. Bahkan Suzuki mengklaim mobil ini memiliki dimesi kabin paling luas di kelasnya.

Suzuki Karimun Wagon R

Pada sisi pengemudi, jok dapat disesuaikan dengan mudah untuk mendapatkan posisi mengemudi yang nyaman. Legroom yang tersedia pun cukup lega meski mobil ini termasuk berdimensi mungil. Tak hanya pada sisi pengemudi, sisi penumpang depan pun mendapat porsi yang tidak jauh beda dengan pengemudi, masih lega dengan kaki yang masih nyaman untuk diluruskan. Meski depan cukup lega, namun jok belakang juga dirasa masih cukup lega untuk 2 orang dewasa.

Suzuki Karimun Wagon R

Leganya Suzuki Karimun Wagon R ternyata tidak sebatas untuk pengemudi dan penumpangnya, namun ternyata juga untuk bagasinya. Ya, bagasi mobil terbilang cukup luas jika dibandingkan dengan mobil lain yang sekelas. Bisa dibilang, ini menjadi seperti mobil MPV kecil.

Suzuki Karimun Wagon R


Fitur

Dengan harga yang tidak sampai Rp. 100 juta, rasanya terlalu muluk kalau mengharapkan fitur yang wow. Untuk fitur entertainment, Suzuki Karimun Wagon R hanya disematkan head unit 2-din yang mampu memainkan CD, MP3, Radio dan tersedia slot USB.

Suzuki Karimun Wagon R

Sementara untuk membantu efisiensi bahan bakar, Suzuki telah menyematkan Gear Shift Indicator. Fitur ini menginformasikan kapan saat yang tepat untuk memindahkan perseneling baik itu naik ataupun turun. Sehingga efisiensi bahan bakar yang diharapkan dapat tercapai.

Suzuki Karimun Wagon R

Fitur lainnya yang pantas kami acungi jempol adalah adanya Underseat Tray di jok penumpang depan. Ini adalah sebuah rak yang diletakkan tepat di bawah jok penumpang depan. Raknya cukup besar dan bisa menampung 1 buah laptop dan beberapa barang lainnya


Price

‘Mobil Super’, itulah julukan yang diberikan oleh Suzuki untuk mobil ini. Super sendiri merupakan singkatan dari Spacious, Useful, Practical, Efficient dan Reasonable. City car dengan fungsi nyaris sama dengan MPV ini memang super. Dijual dengan harga mulai Rp. 77 juta untuk tipe GA, Rp. 88,9 juta untuk tipe GL dan Rp. 99,9 juta untuk GX, memang harga yang masuk akal.

Suzuki Karimun Wagon R

Dengan harga dan fungsionalitasnya, maka tidak heran jika warga commuter menjadi segmen pasar yang empuk bagi Suzuki Karimun Wagon R. Bukan begitu?


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar