Rabu, 09 Oktober 2013

Uji Ford New Fiesta di Bumi Mataram


Bosmobil - Lebih sporty dan agresif, mungkin itu gambaran baru dari New Fiesta yang hadir dengan sentuhan ala Aston Martin pada grill depan. Datang sebagai penerus varian sebelumnya, kali ini Fiesta memboyong fitur jauh lebih lengkap dibandingakan Fiesta lawas. Bahkan dapur pacunya telah menggunakan mesin baru yang membuat Ford Motor Indonesia mengajak beberapa wartawan otomotif nasional untuk merasakan sensasinya di bumi Mataram Yogyakarta.



Mengambil tema 'spirit of java' dibuat sedemikian rupa agar para peserta mampu merasakan fitur baru yang ada pada New Fiesta serta sekaligus budaya kota Yogyakarta dengan 'belusukan' ke beberapa tempat kerajinan yang ada di desa-desa. Sesuai kocokan monopoli, lokasi awal tim yang bersama bosmobil mengarah kesebuah desa di Imogiri-Bantul, tepatnya desa budaya tempat pengrajin batik.



Perjalanan dari kami tempuh sekitar 1 jam, melewati rute kota Jogja Fiesta pun tampil mencolok tak heran banyak yang meliriknya. Ditengah-tengah perjalanan kami mulai mengaplikasikan gadget dengan fitur SYNC yang merupakan andalan New Fiesta. Hanya tinggal melakukan pairing dengan via bluetooth, gadget atau HP sudah terkoneksi hingga bisa melakukan panggilan atau menerima telefon dengan mudah, bahkan kini fitur SYNC sudah memungkinkan untuk membaca pesan singkat atau SMS yang masuk.




Bermodalkan mesin baru Ti- VCT dengan kapasitas 1.500 cc, tenaga yang dihasilkan tak kalah dengan mesin 1.6L-nya yang telah discontinue. Seperti biasa rupanya efek 'leg' masih terasa saat diputaran bawah, tarikan terasa lamban meski pedal gas telah di kick-down namun hal ini hanya berlangsung sementara. Ketika sudah berada diputaran atas, tenaga terus mengisi apa lagi ketika memainkan transmisi enam percepatan PowerShift melalui tuas perseneling "S" yang memberikan resposivitas jauh lebih terasa.



Sampai dilokasi, kami langsung diberi tugas untuk membuat batik. Menggunakan canting untuk menghiasi garis batik yang begitu dinamis serupa dengan desain New Fiesta yang menganut konsep kinetik mengambarkan guratan yang dinemais dari depan hingga belakang. Bukan hanya membuat batik saja, tapi selama media test drive kami juga belajar membuat kerajinan wayang sampai dengan hidangan minuman khas jawa.



Sejumlah fitur baru disematkan pada Ford New Fiesta, mulai dari sensor parking, Rain sensor, SYNC dan juga auto headlamp. Fitur-fitur ini merupakan pelengkap dari varian terdahulu yang juga menjadikan New Fiesta sebagai mobil kaya fitur dikelasnya. Hebatnya pihak FMI-pun tak menaikan harga dari New Fiesta yang telah mengendong banyak fitur modern itu, sayangnya semua fitur tersebut tidak bisa kami uji semuanya. Tapi beberapa fitur lainnya sempat kami uji ketika masuk kesebuah desa wisata untuk memgetahui proses pembuatan minuman khas keraton di kawasan Kaliurang.

Jalur sedikit menanjak dan berliku tak menjadi halangan berat untuk New Fiesta yang telah dimodali dengan electronic stability control yang membuatnya mampu bermanuver dengan stabil. Lincah dan fun to drive mungkin ungkapan ini tak berlebihan untuk New Fiesta yang dibandrol harga sebesar 228.850 juta. Melintas di jalur menanjak yang sempit dan mengalami kondisi stop n go juga makin mudah dengan adanya fitur hill launch assist yang mampu menahan kendaraan sewaktu berhenti ditanjakan tanpa harus menekan pedal rem selama beberapa detik.
Perjalanan berakhir ketika kami sampai di Kota Surakarta-Solo, Overall New Fiesta memang menjadi salah satu city car terbaik dikelasnya melalui fitur terkini yang berlimpah namun tetap value for money karena harga yang tak naik dari versi sebelumnya. Sayangnya, kelapangan kabin pada New Fiesta tak berubah masih terasa sempit terutama pada sektor leg-room di baris ke-2, begitu juga dengan suspensi yang sedikit keras membat kenyamanan sedikit terganggu ketika melintas dijalur bergelombang dikawasan persawahan, namun stabil ketika membesutnya dikecepatan tinggi.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar