Selasa, 19 November 2013

10 Keahlian yang Bisa Dongkrak Karir

10 Keahlian yang Bisa Dongkrak Karir

Liputan6.com, New York : Di dunia kerja tidak hanya pengalaman dan keterampilan teknis yang diperlukan. Kemampuan bersosialisasi dengan rekan kerja juga sangat diperlukan untuk mengembangkan karir dalam dunia kerja.

"Keterampilan seseorang singkatnya, dengan berbagai atribut dan kompetensi yang memungkinkan seseorang untuk bermain baik dengan orang lain. Hal ini disebut dengan memiliki kepribadian yang baik," ujar David Parnell, Salah satu konsultan hukum yang juga penulis dan pelatih komunikasi.
Sementara itu, Chief Executive of Whats For Work, Teri Hockett menuturkan, keterampilan seseorang dinilai mulai dari bagaimana orang itu berinteraksi satu sama lain, yang dilihat dari perspektif verbal dan non verbal.
Seperti dikutip dari Forbes, Senin (18/11/2013), dengan memiliki keterampilan baik dapat memaksimalkan secara efektif hubungan antar sesama di dunia kerja dan meningkatkan produktifitas untuk kepentingan semua orang.

Berikut 10 kemampuan yang diperlukan di dunia kerja:

1. Kemampuan berhubungan dengan orang lain
Hockett menuturkan, kemampuan untuk berhubungan dengan orang lain dan sudut pandang mereka sangat penting dalam bisnis. Dengan memiliki kepribadian baik dan pengalaman maka dapat mudah berhubungan dengan semua orang.

2. Kemampuan berkomunikasi
Ini adalah salah satu keterampilan orang yang paling mendasar untuk dimiliki karena hal ini berkaitan dengan kemampuan Anda untuk bergaul dengan rekan kerja lain.

3. Sabar dengan orang lain
Jika Anda sabar dengan orang lain, dan tetap memiliki sikap tenang ketika menghadapi situasi yang tertekan, maka itu dapat diperhatikan oleh manajemen, dan menjadi salah satu aset penting.

4. Sanggup mempercayai orang lain
Anda akan dapat memiliki karir baik jika Anda dapat dipercaya. Tanpa itu maka Anda tidak bisa mendapatkan proyek untuk dilakukan.

5. Tahu bagaimana dan kapan menunjukkan empati
"Dengan memiliki kemampuan untuk menempatkan Anda di posisi orang lain, itu juga salah satu kunci kemampuan. Hal itu membuat kita menciptakan hubungan dengan orang lain, dan dapat memotivasi orang lain," tutur Ryan Kahn, Pendiri grup The Hired.

6. Mampu menjadi pendengar
Mendengarkan seseorang dan secara aktif mendengarkan orang lain adalah dua hal berbeda. Hockett menuturkan, kebanyakan orang mendengarkan orang bicara, dan mulai membentuk meresponnya dalam pikiran, bahkan lebih buruh mulai berbicara sebelum orang selesai apa yang dikatakan.
"Kuncinya adalah mendengarkan secara aktif, yang membutuhkan waktu lebih lama tapi menghasilkan hasil yang lebih baik. Ini berarti Anda mendengarkan tanpa gangguan, dan kemudian mengambil waktu untuk berpikir, dan membentuk respon sebelum menjawab. Ini membutuhkan latihan," tutur Hockett.

7. Minat yang tulus pada orang lain
Orang-orang tahu ketika Anda benar-benar tertarik pada mereka. Jika Anda tidak menunjukkan minat, ajukan pertanyaan bijaksana, dan mempertimbangkan jawaban mereka
.
8. Fleksibel
Menjadi menyenangkan atau memiliki kepribadian yang baik tergantung dari konteks. Seorang memiliki kemampuan komunikasi sangat baik dapat menempatkan kondisi sehingga mereka dapat merespon sesuai dengan apa situasi yang dibutuhkan.

9. Penilaian yang baik
Penilaian baik adalah salah satu kunci keterampilan yang dapat langsung dipelajari, mendengarkan orang lain, mengamati dunia sekitar Anda. Hal itu dapat membuat Anda dapat bersikap bijaksana untuk bereaksi dan merespons sesuatu bahkan membuat keputusan.

10. Kemampuan untuk membujuk orang lain
Ada kesempatan baik di dalam karir Anda ketika harus menawarkan ide-ide. Anda harus mampu membentuk argumen yang kuat dan meyakinkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar