Selasa, 19 November 2013

5 Mobil Murah Teranyar Asli Buatan Indonesia

Liputan6.com, Jakarta : Para produsen saling berlomba-lomba untuk meraup perhatian pasar dengan menawarkan produk mobil murah ramah lingkungan atau yang disebut dengan Low Cost Green Car (LCGC).

Hingga 20 September 2013, setidaknya sudah terdapat lima produsen mobil yang merilis mobil murah teranyar yang sebagian besar komponennya dari dalam negeri. Kini lima mobil murah tersebut dipamerkan dalam pameran otomotif Indonesia International Motor Show 2013 (IIMS) di Jakarta Internasional Expo, Kemayoran, Jakarta.

Acara yang diselenggarakan mulai dari 19 September hingga 29 September ini menjadi ajang promosi dan pengenalan bagi para produsen mobil-mobil murah yang juga ramah lingkungan ini.
Produsen otomotif apa saja yang sudah mengeluarkan produk mobil murah ini, dan berapa harga mobil murah itu? Berikut daftar lengkap 5 mobil murah seperti dirangkum Liputan6.com

1. Daihatsu Ayla

5 Mobil Murah Teranyar Asli Buatan Indonesia 

Sebagai produk LCGC, Daihatsu Ayla dipastikan menggunakan komponen lokal hingga 84% dan teknologi ECO terbaru yang menjadikan mobil ini ramah lingkungan dan kadar gas buang rendah.

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menargetkan bisa menguasai 40% pasar untuk kendaraan jenis city car ini dari total keseluruhan jenis mobil yang diproduksi di Indonesia.

Daihatsu membidik penjualan Ayla sebanyak 3.000 sampai 4.000 per unit. Demikian pula di tahap awal, Daihatsu akan memproduksi sekitar 4.000 unit Ayla.

Bagi yang berminat, harga yang ditawarkan untuk mobil ini berkisar Rp 76 juta hingga Rp 106 juta dengan enam pilihan varian yaitu D MT, D+ MT, M MT/AT, X MT/AT.

2. Toyota Agya

Tak mau kalah dengan produsen otomotif lainnya, PT Toyota Astra Motor juga telah meluncurkan produk mobil murahnya yang dinamakan Toyota Agya dengan harga mulai Rp 99,9 juta.

Dengan mengusung mesin 1 KR 1.000 cc performa mobil murah ini tidak hanya bertenaga tetapi juga efisien dalam penggunaan bahan bakar. Toyota Agya menghadirkan 3 pilihan grade yaitu tipe E, tipe G, dan tipe TRD S.

Khusus untuk tipe G dan TRD S, mobil ini dilengkapi dengn fitur chrome A/C register, chrome list combination meter, 2 din audio CD/MP3/USB/Aux, chrome parking brake knob dan chrome shift lever knob.

Selain itu juga terdapat beberapa fitur seperti electric outer mirror, desain chrome door outside handle dan side protective moulding, 6 spoke alloy wheel 176/65 R14, headlamp serta foglam dengan aksesoris krom.

Berikut harga jual Toyota Agya :
Agya E manual Rp 99.900.000
Agya E matic Rp 110.250.000
Agya G manual Rp 106.650.000
Agya G matic. Rp 116.250.000
Agya G manual TRD Rp 111.150.000
Agya G matic TRD Rp 120.750.000

3. Honda Brio Satya
 

Menyusul Daihatsu dan Toyota yang telah lebih dulu memperkenalkan produk mobil murah dan ramah lingkungan (low cost green car/LCGC), PT Honda Prospek Motor (HPM) merilis mobil murah teranyar Honda Brio Satya.

Brio Satya ini memiliki 3 tipe yaitu tipe E, S, dan A. Mobil ini didukung oleh mesin i-VTEC SOHC 1.e liter 4 silinder yang mampu menghasilkan tenaga 88 PS dan torsi 11.1 Kg, ada putaran mesin 4.500 dengan teknologi seperti Drive by Wire, Shift Hold Control, Grade Logic Control serta efisiensi bahan bakar yang tinggi serta kadar emisi yang memenuhi standar EURO-4 yang semua tipenya didukung transmisi manual dengan 5 percepatan.

Fitur baru seperti Fog Lamp dan Rear Wiper hadir pada tipe E. Sementara fitur lain seperti Body Colored Side Mirror, Body Colored Door Handle pada tipe E dan S. Selain itu fitur 14" Alloy Wheel, Power Window, Reae Bumper Garnish, dan Tail Gate Spoiler tersedia pada tipe E.

Dari segi keamanan, semua tipe Brio Satya dilengkapi dengan rangka bodi G-CON, Dula SRS Airbags, Pretensioner Seatbelt with Load Limiter dan Immobilizer. Dan untuk fitur hiburan, dilengkapi dengan Audio System Duoble Din AM/FM, Single Disc, MP3/WMA, Aux Input, USB Port, Made for Ipod (tipe E) serta Front+Rear Speakers (tipe E dan S)

Tersedia 6 pilihan warna menarik yaitu Taffera White, Alabaster Silver Metallic, Crystal Black Pearl, Rallye Red, Sunset Orange dan Polished Metal Metalllic.

Berikut harga Honda Brio Satya:
Tipe E Rp 117 juta
Tipe S Rp 111 juta
Tipe A Rp 106 juta

4. Datsun GO

http://all4youth.com/wp-content/uploads/2013/07/Datsun-Go-front-three-quarter.jpg 

Datsun Go sebenarnya sudah dipasarkan di India, namun kali ini untuk menayaingi mobil ramah lingkungan yang lain, Nissan menghadirkan Datsun Go dan Datsun Go+ di Indonesia.

GO+ adalah mobil murah pertama yang dilahirkan Datsun dan hanya untuk pasar Indonesia. Datsun GO+ secara sederhana adalah Datsun GO yang memiliki wheelbase lebih panjang. Dimensinya panjang 3.995 mm X lebar 1.635 mm X dan tinggi 1.485 mm, sedangkan wheelbase sepanjang 2.450 mm.

Datsun Go+ ini berbobot ringan dengan didukung mesin 1,2 L dan transmisi manual 5 percepatan dirancang untuk efisiensi bahan bakar optimal dan akselerasi responsif.

Kendaraan ini tampil dengan desain khas melalui siluet body serta shoulder line kokoh. Dengan dimensi yang compact, 5 pintu, 3 baris kursi penumpang serta konfigurasi fungsional pada kursi depan menjadi mobil ini fleksibel dan praktis. Untuk tipe Datsun Go+ menawarkan dua kursi ekstra di bagian belakang atau menjadi ruang kargo tambahan.

Harga mobil murah pabrikan Nissan ini dibanderol dengan harga dibawah Rp 100 juta per unitnya. Namun sayangnya jika anda memesan sekarang, mobil baru akan datang pada awal tahun 2014 karena Datsun Go dan Go+ baru akan dipasarkan di Indonesia saat itu.

 5. Suzuki Karimun Wagon R
 

PT Suzuki Indomobil baru saja meluncurkan produk mobil murah yang dinamai Karimun Wagon R. Mobil ini memiliki mesin kapasitas 1.000 cc 12 valve dengan 3 silinder bertenaga 68 PS dan torsi 90 Nm.

Suzuki Karimun Wagon R diproduksi dengat transmisi lima kecepatan, dengan kapasitas lima orang. Karimun Wagon R dipersenjatai dengan mesin K10B bertenaga maksimum 68 PS dan diklaim mampu menempuh jarak 20,5 km per liter bensin.

Sedangkan target calon pelanggan mobil ini adalah pengguna motor yang ingin memiliki mobil dan konsumen mobil bekas. Namun sayangnya pihak perusahaan baru akan mengumumkan harganya pada bula Oktober atau November 2013.

Dengan adanya mobil murah itu diharapkan nantinya mampu mengurangi penggunaan bahan Bakar minyak (BBM) bersubsidi dengan mendorong para pembelinya untuk mengunakan BBM non subsidi mengingat harga jualnya yang sudah murah.

Selain itu, mobil ini juga dikenal sebagai mobil ramah lingkungan sehingga mampu mengurangi polusi udara. Anda ingin membeli yang mana?
 
 



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar