Selasa, 19 November 2013

6 Tanda terlalu banyak minum air putih

6 Tanda terlalu banyak minum air putih

Merdeka.com - Air putih memang penting untuk kesehatan. Namun terlalu banyak minum air juga tak baik untuk tubuh. Kelebihan konsumsi air putih bisa menyebabkan keracunan air dan menyebabkan masalah dalam tubuh.

Lantas, bagaimana mengetahui ketika Anda sudah mengonsumsi terlalu banyak air? Berikut adalah tanda-tandanya, seperti dilansir oleh Mag for Women.

1. Membawa botol ke mana saja
Jika Anda membawa botol air ke mana pun pergi, kemungkinan Anda akan terus minum air. Minum segelas air pada beberapa kesempatan memang baik, tapi jika membawa botol, kemungkinan Anda akan minum terlalu banyak. Sekitar 10 - 15 gelas air cukup untuk sehari.

2. Nafsu makan menurun
Jika Anda sampai tak merasa lapar dan malas makan, kemungkinan karena Anda terlalu banyak minum air. Minum terlalu banyak air bisa membuat perut penuh. Hasilnya, nafsu makan akan menurun. Badan yang merasa lemah dan mudah lelah juga menjadi tanda terlalu banyaknya air yang Anda konsumsi.

3. Kram otot
Terlalu banyak mengonsumsi air juga menyebabkan kram otot pada beberapa bagian tubuh. Jika Anda seringkali merasa kram otot, periksa lagi jumlah air yang Anda konsumsi. Jika Anda minum lebih dari 15 gelas air sehari, kemungkinan itu penyebabnya. Mengonsumsi terlalu banyak air bisa melemahkan otot pada tubuh.

4. Napas cepat
Minum banyak air bisa menyebabkan napas menjadi semakin cepat dan memburu. Anda bahkan bisa mengalami mual dan muntah karena hal tersebut. Terlalu banyak air buruk untuk tubuh dan bisa menyebabkan rasa lelah yang berkepanjangan.

5. Sakit kepala
Terlalu banyak minum air bisa menyebabkan sakit kepala. Tak hanya itu, kelebihan air juga mempengaruhi kesehatan penglihatan seperti penglihatan yang kabur. Selain itu, mengonsumsi banyak air bisa membuat Anda mudah bingung.

6. Halusinasi
Ya, tak hanya orang yang mengalami dehidrasi saja yang bisa mengalami halusinasi. Orang yang terlalu banyak minum air juga bisa mengalami halusinasi.
Itulah beberapa tanda ketika Anda terlalu banyak minum air. Meski air baik untuk kesehatan, namun sebaiknya jangan diminum secara berlebihan. Perhatikan konsumsi air harian Anda. Cukupi kebutuhan cairan tubuh, tapi jangan terlalu banyak.
[kun]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar