Minggu, 03 November 2013

METODOLOGI PENELITIAN - KONSEP TEORI

A.     Pendahuluan
Riset atau penelitian adalah investigasi dan pembelajaran atas suatu sumber secara aktif dan sistematik dengan tujuan untuk menemukan, menginterpretasikan atau merevisi suatu fakta. Memiliki kemampuan untuk melakukan penelitian merupakan hal yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Memiliki kemampuan di bidang penelitian merupakan nilai tambah bagi profesional.

Profesionalitas peneliti sangan mempengaruhi kualitas hasil penelitian yang dilakukannya. Hasil penelitian yang valid akan berguna bagi pengembangan obyek yang diteliti. Kegunaan penelitian adalah untuk menyelidiki keadaan dari, alasan untuk, dan konsekuensi terhadap suatu set keadaan khusus. Keadaan tersebut bisa saja dikontrol melalui percobaan (eksperimen) ataupun berdasarkan observasi tanpa kontrol. Penelitian memegang peranan yang amat penting dalam memberikan fondasi terhadap tindak serta keputusan dalam segala aspek pengembangan. Adalah sangat sulit, bahkan tidak mungkin sama sekali, untuk memperoleh data yang terpercaya yang dapat digunakan dalam perencanaan pengembangan, jika penelitian tidak pernah diadakan, serta kenyataan-kenyataan tidak pernah diuji lebih dahulu melalui penelitian.

Pelaksanaan penelitian harus sesuai dengan kerangka penelitian yang telah disusun sebelumnya yaitu proposal penelitian. Salah satu hal penting dalam proposal penelitian adalah konsep teori yang relevan dan valid terhadap pokok permasalahan yang akan dikaji.

B.     Permasalahan
Dari uraian latar belakang di atas, penyusun ingin membahas permasalahan teantang :
1.      Apa yang dimaksud dengan teori?
2.      Bagaimana konsep teori dalam penelitian?
3.      Apa kegunaan teori dalam penelitian?


C.     Pembahasan

1.      Pengertian Teori
Teori adalah seperangkat konsep, devinisi dan proposisi yang berfungsi untuk melihat fenomena secara sistematik, melalui sepesifikasi hubungan antar variable sehingga dapat berguna untuk menjelaskan dan meramalkan fenomena. Sedangkan teori menurut para ahli sebagai berikut :
a.       William Wiersma (1986) menyatakan teori adalah generalisasi atau kumpulan generalisasi yang dapat digunakan untuk menjelaskan berbagai fenomena secara sistematik.
b.      Cooper dan Schindler (2003) menyatakan teori yaitu seperangkat konsep, definisi danproposisi yang tersusun secara sistematis sehingga dapat digunakan untuk menjelaskan dan meramalkan fenomena.
c.       Sitirahayu Haditono menyatakan teori akan memperoleh arti penting bila lebih banyak dapat melukiskan, menerangkan dan meramalkan gejala yang ada.
d.      Mark (1963) menyatakan ada tiga macam teori yaitu sebagai berikut :
1)      Teori deduktif yaitu memberi keterangan yang dimulai dari suatu perkiraan atau pikiran spekulatif tertentu kearah data yang akan diterangkan.
2)      Teori induktif yaitu cara menerangka dari data kearah teori.
3)      Teori fungsional yaitu data mempengaruhi pembentukan teori dan pembentukan teori kembali mempengaruhi pembentukan data.

Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa teori adalah konsep umum yang disusun mulai jalan yang sistematis dan dapat diuji kebenarannya.

2.      Konsep Teori Dalam Penelitian
Setiap teori akan mengalami perkembangan yang disebabkan karena teori tidak relefan terhadap focus permasalahan. Focus teori harus mampu memberi fungsi empiris untuk mengatasi masalah.
Deskripsi teori dalam suatu penelitian merupakan uraian sistematis tentang teori (dan bukan sekedar pendapat pakar atau penulis buku) dan hasil-hasil penelitian yang relevan dengan variable yang diteliti.

Beberapa jumlah kelompok teori yang perlu dikemukakan/dideskripsikan, akan tergantung pada luasnya permasalahan dan secara teknis tergantung pada jumlah variable yang diteliti. Bila dalam suatu penelitian terdapat tiga variable independen dan satu dependen, maka kelompok teori yang perlu dideskripsikan ada empat kelompok teori yaitu kelompok teori tentang tiga variable independent dan satu dependen, oleh karena itu semakin banyak variable yang diteliti maka semakin banyak teori yang dikemukakan.

Langkah-langkah melakukan deskripsi teori yaitu sebgai berikut :
a.       Menetapkan nama variable yang diteliti dan jumlah variabelnya.
b.       Mencari sumber bacaan buku yang relefan terhadap variable yang diteliti.
c.       Setelah mendapatkan buku selanjutnya adalah memilih topic yang relefan terhadap variable yang diteliti.
d.       Membandingkan antara devinisi setiap variable dalam satu sumber dengan sumber lain kemudian memilih satu devinisi yang paling relefan.
e.       Mendiskripsikan teori-teori yang telah dibaca dari berbagai sumber ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri dengan mencantumkan sumber yang diperoleh.

3.      Kegunaan Teori dalam Penelitian
Kegunaan teori dalam penelitian diantaranya adalah sebagai berikut :
a.       Teori memberikan batasan tentang obyek penelitian (memperjelas) yang dilakukan agar obyek suatu permasalahan tidak melebar
b.      Teori memprediksikan dan memandu menemukan fakta tentang suatu hal yang hendak diteliti
c.       Teori digunakan untuk mengontrol  focus penelitian atau fenomena

Dalam kaitannya dengan kegiatan penelitian, maka fungsi teori yang pertama digunakan untuk memperjelas dan mempertajam ruang lingkup, atau konstruk variable yang akan diteliti. Fungsi teori yang kedua adalah untuk merumuskan hipotesis dan menyusun instrument karena pada dasarnya hipotesis itu merupakan pernyataan yang bersifat prediktif. Selanjutnya fungsi teori yang ketiga untuk membahas hasil penelitian sehingga digunakan untuk memberikan saran dalam upaya pemecahan masalah.

Semua penelitian bersifat ilmiah, oleh karena itu peneliti harus berbekal teori. Teori harus sudah jelas karena teori aka berfungsi untuk memperjelas masalah yang diteliti sebagai dasar untuk merumuskan hipotesis dan sebagai referensi untuk menyusun instrument penelitian. Oleh karena itu landasan teori dalam proposal penelitian harus sudah jelas teori apa yang akan dipakai.

D.    Penutup
1.      Kesimpulan
Teori yaitu konsep umum yang disusun mulai jalan yang sistematis dan dapat diuji kebenarannya.
Deskripsi teori dalam suatu penelitian merupakan uraian sistematis tentang teori (dan bukan sekedar pendapat pakar atau penulis buku) dan hasil-hasil penelitian yang relevan dengan variable yang diteliti.

Kegunaan teori dalam penelitian diantaranya adalah sebagai berikut :
a.       Teori memberikan batasan tentang obyek penelitian (memperjelas) yang dilakukan agar obyek suatu permasalahan tidak melebar
b.      Teori memprediksikan dan memandu menemukan fakta tentang suatu hal yang hendak diteliti
c.       Teori digunakan untuk mengontrol  focus penelitian atau fenomena


2.      Penutup
Demikian sekapur sirih tentang Konsep Teori yang ada dalam metode penelitian dan demikian pula paparan yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat bagi yang berkepentingan







DAFTAR PUSTAKA

Sugiyono, Prof. Dr. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). 2007. Bandung : Alfabeta.
www.pdf chaser.com/pdf/dasar-dasar_teori_metodologi_penelitian.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar