Jumat, 29 November 2013

Mobil Hybrid Sebagai Mobil Masa Depan



Mobil Hybrid. Toyota mengembangkan Mobil Hybrid dengan tujuan agar dapat meningkatkan kualitas hidup dan dapat mengarah ke masa depan sehingga mobil hybrid dianggap sebagai mobil masa depan. Sebuah teknologi revolusioner yang difokuskan untuk mengurangi polusi, menjaga sumber daya alam yang berharga, dan dapat memberikan kenyamanan dalam berkendara.
 
Mobil Hybrid All New Camry 2.5 HV | Dealer Resmi Toyota Surabaya

Mobil hybrid memiliki dua sumber tenaga yang berbeda yaitu mesin bahan bakar (mesin konvensional), motor listrik dan baterai untuk menggerakkan mobil hybrid tersebut sehingga efektif dalam menghemat konsumsi bahan bakar. Kedua mesin bekerja sama dalam rangka untuk mengurangi konsumsi bahan bakar. Dengan teknologi ini, Anda akan dapat mengurangi penggunaan bahan bakar lebih dari setengah.
Komponen Mobil Hybrid | Toyota Surabaya

Bagaimana cara kerja mobil hybrid ?
 
Mulai Bergerak dari Berhenti
Motor listrik menggerakkan mobil sementara mesin bahan bakar tidak bekerja. Baterai memberikan energi listrik kepada motor listrik, motor listrik menggerakkan roda mobil.

Kondisi Kecepatan Rendah Konstan
Motor listrik sebagai penggerak utama sementara mesin bahan bakar hanya sekali-sekali saja membantu. Baterai memberikan energi listrik kepada motor listrik, motor listrik menggerakkan roda mobil dan mesin bahan bakar terkadang membantu menggerakkan roda mobil.

Kondisi Akselerasi
Motor listrik dan mesin bahan bakar secara bersamaan bekerja untuk menghasilkan tenaga gabungan yang besar. Baterai memberikan energi listrik kepada motor listrik untuk menggerakkan roda mobil begitu juga secara bersamaan mesin bahan bakar juga menggerakkan roda mobil.

Kondisi Kecepatan Tinggi Konstan
Mesin bahan bakar bekerja penuh karena sebagai penggerak utama sementara motor listrik hanya sekali-sekali saja membantu. Mesin bahan bakar menggerakkan roda, baterai terkadang memberikan energi listrik kepada motor listrik yang terkadang membantu mesin bahan bakar menggerakkan roda mobil.

Kondisi Deselerasi
Motor listrik dalam kondisi mengisi ulang baterai sehingga sebagai generator kedua fungsinya sementara mesin bahan bakar berhenti bekerja. Roda mobil memutar motor listrik yang berubah fungsi sebagai generator kedua untuk menghasilkan energi listrik untuk mengisi ulang baterai.

Kondisi Berhenti
Mesin bahan bakar, generator, dan motor listrik tidak bekerja.
Pada saat energi listrik di baterai mulai menipis dan kendaraan sedang berhenti, mesin bahan bakar akan menyala sejenak untuk sedikit mengisi baterai. Mesin bahan bakar memutar generator sehingga generator dapat menghasilkan energi listrik untuk mengisi ulang baterai. Bila kondisi EV (Electric Vehicle) Mode yang terdapat pada mobil hybrid maka mobil hanya digerakkan oleh motor listrik saja (maksimum sejauh 1km jika baterai dalam kondisi penuh) dan kecepatan maksimum 45 km/jam.

Manfaat mobil hybrid yaitu efisiensi bahan bakar yang luar biasa, menghasilkan emisi yang rendah terhadap lingkungan, kesenyapan terhadap suara mesin pada saat bekerja, dan kepuasan dalam mengemudi. Toyota All New Camry 2.5 HV merupakan jenis mobil hybrid yang baru dihadirkan oleh Toyota di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar