Rabu, 06 November 2013

Waspada 5 Menit Pertama Saat Hujan!


Jangan pernah menerobos genangan air sembarangan. Kemungkinan ada lubang sangat besar.

Jakarta, KompasOtomotif  Musim hujan mulai menghantui para pengguna jalan. Paling banyak ”menanggung beban” adalah para pengendara sepeda motor. Kebiasaan tidak mempersiapkan diri dan memperbaiki perilaku di saat-saat musim hujan pertama kadang merepotkan diri sendiri, mempertinggi kemungkinan celaka, dan tak jarang menyusahkan orang lain.

Kok bisa? Sony Susmana pebalap dan trainer Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) menjelaskan bahwa banyak pengendara sepeda motor ”bermasalah” dengan hujan. ”Paling bahaya lima menit pertama saat hujan mulai turun. Hampir semua pengendara sepeda motor jadi pebalap. Ngebut menghindari hujan atau mencari tempat teduh,” jelasnya dalam Bazaar Ceria Day Gajah Tunggal dan Tunas Ridean di Tunas Toyota Jl Radin Inten, Jakarta Timur, Minggu (3/11/2013).

Sony menekankan, menit-menit awal turun hujan adalah masa-masa sangat bahaya. Selain jalanan mulai licin, juga banyak pengendara yang seakan tidak sabar dan melaju kencang. ”Jalan licin karena air yang jumlahnya masih sedikit, membasahi permukaan debu jalanan. Ini yang membuat licin. Kalau semakin deras malah justru ban semakin bekerja membuang air, lebih tidak licin,” terang Sony.

Merepotkan
Kemungkinan terburuk, pengendara terpeleset karena terburu-buru. Kedua, menabrak pengendara lain yang artinya, sikap terburu-buru justru membahayakan pengendara lain. Kondisi akan lebih parah jika pengendara sepeda motor tidak mempersiapkan diri seperti membawa jaket hujan.

Saran dari Sony, sebisa mungkin tidak mengganggu dan merepotkan pengguna jalan lain. Misalnya, berteduh di kolong jembatan, atau memenuhi sekitar halte, sehingga membuat jalanan macet. Jadi, persiapkan diri dengan kelengkapan untuk antisipasi saat hujan. Berhentilah di tempat yang tidak mengganggu arus lalu lintas. Jangan gegabah ketika mulai gerimis.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar