Minggu, 02 Maret 2014

6PIK1 _ Tugas 3 ( Michael * 14110044)


Kompas.com
Elshinta.com
Metrotvnews.com
Vivanews.com
Yahoo!news

1.       Mana diantara kelima website yang merupakan edisi online dari media cetak atau elektronik?
Jawabannya :
·         kompas.com (punya Koran kompas dan kompas TV)
·         elshinta.com ( punya elshinta tv, elshinta magazdan radio elshinta)
·         metrotvnews.com ( punya metrotv)


2.       Mana diantara kelima website yang merupakan situs berita online murni yang tidak terkait dengan media cetak dan elektronik?
Jawabannya :
·         Vivanews.com
·         Yahoo!news


3.       Mana diantara kelima website yang disebut situs indeks berita karena hanya memuat link-link dari situs berita lain?
Jawabannya : yahoo!news, karena yahoo!news tidak memproduksi berita, melainkan hanya membeli berita saya dari beberapa portal berita.


4.       Mana diantara kelima website yang merupakan website multimedia dengan memiliki berita dalam bentuk teks , galeri foto, video dan audio atau minimal ada teks , galeri foto, dan video?
Jawabannya :
·         Kompas.com ( ada berita teks, galeri foto, dan video)
·         Elshinta.com ( ada berita teks, berita foto, tv streaming, radio streaming)
·         Metrotvnews.com ( ada teks, video, berita foto)
·         Vivanews.com (hanya ada foto dan teks)


5.       Untuk website berita yang merupakan edisi online media cetak, apakah edisi online yang gratis diakses tersebut tidak menjadikan edisi media cetak menjadi berkurang penjualannya? Jelaskan argument  anda!
Jawaban : adanya edisi online dari media cetak, seperti contohnya eslhinta.com mempunyai majalah elshinta, dan kompas.com memiliki Koran kompas jelas tidak mengurangi penjualan dari media cetaknya tersebut. Karena biasanya media cetak edisi online dalam menulis berita, tidak disajikan selengkap yang disajikan oleh media cetak. Kecenderungan berita yang ada di media online itu, dibuat secara ringkas namun padat untuk mengurangi kejenuhan para pembaca. Karena kalau media online yang ditulis secara rinci dan panjang (bisa mencapai ribuan kata), akan membuat mata para pembaca menjadi sakit karena efek dari sinar computer/gadget yang apabila dilihat dalam waktu yang lama bisa membuat mata menjadi sakit. Lalu biasanya berita yang disajikan di media online tidak selengkap di media cetak, hanya sekitar 25% berita di media cetak yang dimuat di media online.


6.       Jelaskan mengapa media cetask dan media elektronik seperti kompas, radio elshinta, dan metrotvnews perlu membuat edisi online!
Jawaban : untuk menjawab trend yang berkembang di masyarakat akan kemajuan teknologi yang semakin menjurus ke media online. Sekarang semua orang dapat mudah mengakses berita yang dimuat di media online, bahkan banyak yang lebih suka membaca berita di media online karena sifatnya gratis dan bisa diakses kapan saja. Lalu juga agar bisa menampilakn  berita secara realtime. Kalo


7.       Coba perhatikan iklan-iklan produk yang terpasang di media kompas.com, elshinta.com. dan metrotvnes.com apakah hamper sama dengan iklan-iklan yang tersaji di media cetak dan elektroniknya. Apa kesimpulannya?
Jawaban : iklan di media online lebih efektif dari pada media cetak maupun di media elektronik, karena di media cetak maupun elektronik, orang-orang cenderung mengabaikannya. Kalau di media online, iklan terpasang di sekitar beritanya atau ada iklan yang harus dilihat/diskip dahulu kalau ingin melihat beritanya. Untuk masalah konten iklan, memang iklan di media elektronik seperti tv lebih memikat dan menarik dan kalau iklan di Koran hanya sebatas gambar saja, tetapi iklan di media online bisa mencakup semuanya, ada iklan gambar, iklan berupa video, dan berupa animasi. Kalau bicara masalah jumlah dan harga, mungkin iklan di media cetak lebih banyak dan lebih mahal dibandingkan dengan di media online. 

8.       Apakah menurut anda berita-berita yang tersaji pada edisi online kompas, radio elshinta, dan metrotvnews harus ditayangkan terlebih dahulu dulu di edisi cetak, elektronik?
Jawab : tidak harus . karena kompas.com, radio elshinta, dan metrotvnews itu bersifat realtime, artinya berita bisa diposting kapan saja dan tidak mengenal waktu. Jadi walau nantinya juga akan dimuat di media cetak, media online pun boleh mempublish berita yang sama, tetapi mungkin berita yang disajikan di media online tidak selengkap di media cetak, itu hanya sebagai pemancing agar untuk mengetahui berita selengkapnya, bisa membaca Koran kompas.


9.       Coba bandingkan pemberitaan di vivanews,com dan kompas.com mana yang lebih kredibelitas?
Kompas.com lebih kredibel dibandingkan dengan vivanews, karena Koran kompas juga memiliki edisi media cetak dan media tv, sehingga brand kompas lebih unggul dan terkenal, dan juga kompas sudah teruji merupakan media yang hebat dan menyajikan berita-berita yang terpercaya.


10.   Situs yahoo news tidak menampilkan berita hasiln liputan sendiri. Dan kenapa dibolehkan?

Jawabannya : karena yahoo membayar berita-berita yang ada di berbagai portal-portal berita. Agar britanya bisa ditampilkan di situs yahoo.com, tapi hanya dalam bentuk link-link saja

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar